Tokopedia Berkontribusi Rp1,4 Triliun Terhadap PDB Sulsel

Tahun lalu saja Tokopedia tercatat berkontribusi sebesar Rp523 miliar terhadap produk domestik bruto (PDB) Sulsel.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 07 November 2019  |  18:45 WIB
Tokopedia Berkontribusi Rp1,4 Triliun Terhadap PDB Sulsel
Karyawan beraktivitas di kantor Tokopedia - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, MAKASSAR -- Merujuk pada riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UIl) pada 2018-2019 Tokopedia mampu berperan besar terhadap perekonomian Indonesia.

Sepanjang 2018 lalu gross merchandise value (GMV) Tokopedia berhasil menembus angka Rp73 triliun.

Kontribusi itu juga berimplikasi ke sejumlah daerah, termasuk Sulawesi Selatan. Pada 2018 lalu, Tokopedia tercatat berkontribusi sebesar Rp523 miliar terhadap produk domestik bruto (PDB) Sulsel.

Pertumbuhan itu semakin agresif pada 2019 dengan kontribusi terhadap PDB Sulsel meningkat hingga 170%, menembus angka Rp1,4 Triliun.

External Communications Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengemukakan selama satu dekade Tokopedia menunjukkan komitmennya dengan menjembatani seluruh pihak dalam misi mengakselerasi pemerataan ekonomi di Indonesia.

"Kami terus bertransformasi menjadi super ecosystem dalam misi sejalan untuk melakukan pemerataan ekonomi digital," ungkap Ekhel di Makassar, Kamis (7/11).

Bahkan secara berkala, Tokopedia menciptakan lapangan kerja baru dengan menghadirkan mitra di seluruh Indonesia. Secara total, Tokopedia telah menciptakan 857 ribu lapangan kerja baru dari penjual aktif dari Aceh hingga Papua. Angka tersebut menunjukkan 10,3% peran Tokopedia dari total lapangan kerja baru untuk Indonesia pada 2018 lalu

Di Sulsel sendiri terdapat 7.194 orang yang kemudian memilih untuk menjadi mitra Tokopedia dalam mengelola bisnis dan mengembangkan usahanya. Ekhel menyebut, Sulawesi Selatan khususnya Makassar merupakan daerah yang potensial, terlebih mengingat Kota Anging Mammiri ini adalah pintu gerbang perekonomian di timur Indonesia.

"Dari total mitra yang ada di Makassar 30% di antaranya berhasil menjual produknya ke pulau lain. Tokopedia memang berkomitmen terus relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal. Termasuk untuk menciptakan peluang maupun mencapai lebih dari itu," jelas Ekhel.

Regional Growth Expansion Senior Leads Tokopedia Yanuar Rakhmad menjelaskan pihaknya saat ini memang akan lebih fokus dengan go local. Di mana Tokopedia akan menghadirkan pengalaman O2O (online to online atau offline to offline), dengan memberdayakan mitra di tingkat lokal.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menghadirkan Tokopedia center dan Mitra Tokopedia. Yanuar mengatakan, di Sulsel sendiri terdapat empat Tokopedia Center yang salah satunya dibuka di salah satu pusat perbelanjaan untuk memudahkan masyarakat dalam memulai dan menemukan apapun melalui platform Tokopedia.

"Kami juga sudah membuka tiga Tokopedia Center di Kabupaten Pangkep. Itu dilakukan untuk mengedukasi masyarakat dalam menciptakan peluang mengembangkan usahanya bersama Tokopedia," jelas Yanuar.

Diharapkan, kehadiran Tokopedia Center bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan penetrasi bisnisnya hingga ke pasar nasional. Termasuk memacu peran UMKM yang mampu menyumbang 60% terhadap pertunbuhan ekonomi nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tokopedia, sulsel

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top