BI Sulut Beri Beasiswa Perdana untuk PTS di Kawasan Timur Indonesia

Secara keseluruhan, ada 20 kampus swasta yang mendapatkan program beasiswa dari Bank Indonesia (BI) pada 2019.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 25 September 2019  |  17:15 WIB
BI Sulut Beri Beasiswa Perdana untuk PTS di Kawasan Timur Indonesia
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat dan Rektor Universitas Klabat Marthen Sengkeey meneken perjanjian kerja sama program beasiswa di Universitas Klabat, Airmadidi, Sulawesi Utara, Rabu (25/9/2019). - Bisnis/M. Nurhadi Pratomo

Bisnis.com, MANADO — Bank Indonesia Sulawesi Utara memberikan beasiswa perdana untuk kampus perguruan tinggi swasta yang ada di kawasan timur Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Arbonas Hutabarat menjelaskan sebelumnya, memang telah dilakukan pemberian beasiswa untuk tiga kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Bumi Nyiur Melambai. Pada 2019, untuk pertama kalinya program tersebut juga diberikan kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Untuk kawasan timur Indonesia, satu-satunya di Universitas Klabat,” ujarnya saat penandatangan perjanjian kerja sama program beasiswa BI dengan Universitas Klabat di Airmadidi, Sulut, Rabu (25/9/2019).

Arbonas menjelaskan BI pertama kali memberikan beasiswa kepada PTS pada 2018. Saat itu, dilakukan percontohan untuk lima kampus yang berada di luar Jakarta.

Tahun ini, lanjutnya, bank sentral kembali menambah jumlah PTS yang menjadi bagian dari program beasiswa. Terdapat 20 kampus swasta yang mendapatkan program tersebut pada 2019.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat dan Rektor Universitas Klabat Marthen Sengkeey meneken perjanjian kerja sama program beasiswa di Universitas Klabat, Airmadidi, Sulawesi Utara, Rabu (25/9/2019)./Bisnis-M. Nurhadi Pratomo

Secara khusus, Arbonas menyebutkan sudah ada tiga PTN di wilayah Sulut yang mendapatkan beasiswa dari BI. Total peserta yang terdaftar dalam program tersebut sebanyak 120 orang pada 2018.

Pada 2019, jumlah peserta yang mengikuti program beasiswa Bank Indonesia di Sulut mencapai 150 orang. Dengan tambahan dari Universitas Klabat, maka total peserta bertambah menjadi 200 orang.

“Untuk Universitas Klabat, penerima beasiswa 50 orang,” ungkapnya.

Mahasiswa Universitas Klabat yang terpilih akan mendapat beasiswa sebanyak Rp1 juta setiap bulannya, dengan pembayaran yang dilakukan di depan. Beasiswa diberikan untuk menopang perkuliahan.

Arbonas menyatakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi aset berharga bagi pembangunan Indonesia ke depan. Kualitas generasi muda akan menjadi penentu peradaban ke depan.

Dia juga mengklaim bahwa program beasiswa BI terbilang bergengsi. Nantinya, mahasiswa penerima program itu akan mendapatkan portofolio yang baik apabila pernah mengikuti program tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya menegaskan kepada Universitas Klabat agar melakukan seleksi secara ketat dan objektif.

Para peserta penerima beasiswa BI tidak hanya akan mendapatkan bantuan dana pendidikan, tapi juga ditampung dalam wadah Generasi Baru Indonesia (Genbi). Di Genbi, para peserta bakal mendapatkan serangkaian pelatihan termasuk soal kepemimpinan, yang dilakukan secara berkala dan terencana oleh bank sentral.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, sulut

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top