Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Lembah Lore Angkat Kearifan Lokal

Festival Lembah Lore di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, akan mengangkat kearifan lokal masyarakat.
Danau Tambing di Sulawesi Tengah/Wikipamia
Danau Tambing di Sulawesi Tengah/Wikipamia

Bisnis.com, PALU – Festival Lembah Lore di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, akan mengangkat kearifan lokal masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) dalam menjaga kelestarian hutan dan alam di wilayah itu.

"Sejak 1977 UNESCO [United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization] menetapkan TNLL sebagai salah satu cagar biosfer di dunia yang perlu dijaga kelestarian flora dan fauna di dalamnya," kata Kepala Balai Besar TNLL, Jusman, di Palu pada Selasa (17/9/2019).

Dia menyebutkan untuk pertama kalinya, akan digelar festival Lembah Lore dipusatkan di Desa Wanga, Kecamatan Lore, Kabupaten Poso, pada 20 - 22 September 2019.

Di lokasi kegiatan akan dilaksanakan juga pemeran produk komunitas makanan, minuman, dan hasil-hasil kerajinan tangan yang bahan bakunya berasal dari berbagai desa.

Ada pula pameran tanaman obat-obat tradisional, pertunjukan seni tradisional dan berbagai lomba. Kegiatan itu bertema "Merajut Tradisi Melestarikan Alam".

Menurut dia, kegiatan diselenggarakan berdasarkan potensi yang ada untuk mengembangkan produk dan mata pencaharian masyarakat lokal dan kebutuhan akan keterlibatan dan dukungan publik.

Festival itu juga diharapkan menjadi jalan bagi penghidupan dan community enterprises yang berkelanjutan untuk dilihat dan dihargai oleh masyarakat luas.

Pemerintah Kabupaten Poso, kata Jusman, sangat mendukung kegiatan tersebut dan berharap akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan juga tentu menarik kunjungan wisatawan mancanegara dalam jumlah lebih besar.

Di Dataran Lore tersebar ribuan situs purbakala yang selama ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari belahan dunia datang baik sebagai turis maupun mahasiswa dan para peneliti.

Oleh karena itu, kegiatan seperti ini penting dan bisa menjadi agenda tahunan bagi kegiatan-kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Poso.

Apalagi, jarak dari Palu sampai ke Dataran Lore hanya sekitar 100-an km dengan akses jalan yang memadai ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama 3 jam.

Dari Kota Palu, kata Jusman, para wisatawan bisa mampir di objek wisata Danau Tambing yang terletak di jalur Trans Sulawesi Palu-Palolo-Napu.

Lokasi objek wisata Danau Tambing berada di ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut dengan udara yang sejuk dan pengunjung dapat dimanjakan dengan alam yang indah dan berbagai objek menarik terutama melihat ratusan jenis burung yang hidup dan berkembang biak di hutan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper