Ini Rencana Pelindo IV untuk Pelabuhan International Hub Bitung

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tengah menggenjot pengembangan Pelabuhan International Hub Bitung, Sulawesi Utara, serta percepatan pembangunan proyek Manado Marine Bay.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 11 September 2019  |  14:05 WIB
Ini Rencana Pelindo IV untuk Pelabuhan International Hub Bitung
Master plan KEK Bitung. - Bitung.go.id

Bisnis.com, MANADO —  PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tengah menggenjot pengembangan Pelabuhan International Hub Bitung, Sulawesi Utara, serta percepatan pembangunan proyek Manado Marine Bay. 

Direktur Utama Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Farid Padang mengungkapkan telah memiliki rencana pengembangan prioritas Pelabuhan International Hub Bitung. Rencana yang menjadi fokus perseroan di kawasan itu yakni penambahan dermaga, penambahan lapangan penumpukan, serta penambahan peralatan.

“Itu program utamanya sudah disiapkan setelah koordinasi dengan Gubernur Sulawesi Utara untuk persiapan ekspor Bitung, Davao, dan Vietnam. Selain itu, disepakati juga dengan Gubernur ekspor dibuka segera serta percepatan Manado Marine Bay [MMB],” ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Farid mengungkapkan pengembangan Pelabuhan Internasional Hub Bitung tengah dalam pelaksanaan proyek jangka menengah. Selanjutnya, rencana induk pelabuhan (RIP) sudah hampir memasuki tahap akhir.

“Salah satu [RIP] yakni relokasi ASDP ke Tanjung Merah dekat lokasi KEK Bitung,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengincar pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen pada 2020. Optimisme itu sejalan dengan sejumlah pembangunan proyek infrastruktur yang akan segera rampung.

Olly mengungkapkan terdapat beberapa proyek strategis nasional (PSN) yang akan rampung dan diresmikan pada akhir 2019. Rampungnya infrastruktur tersebut akan menjadi pendongkrak ekonomi domestik di Sulut.

Adapun, beberapa proyek strategis nasional di Sulut yang belum diresmikan yakni Bendungan Kuwil, Bendungan Lolak, jalan tol Manado-Bitung serta Pelabuhan Bitung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iv, pelabuhan bitung

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top