Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kurangi Risiko Banjir, Sejumlah Bendungan Akan Dibangun di Sultra

Pada 2020, akan disiapkan pembangunan Bendungan Pelosika yang berkapasitas 822 juta meter kubik dengan membendung Sungai Konawe.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 03 September 2019  |  11:54 WIB
Ilustrasi - Selayang Pandang kawasan Kebun Raya Kendari, Sulawesi Tenggara, dari atas Bukit. - Bisnis/PUPR
Ilustrasi - Selayang Pandang kawasan Kebun Raya Kendari, Sulawesi Tenggara, dari atas Bukit. - Bisnis/PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari tengah menyelesaikan pembangunan beberapa bendungan di Sulawesi Tenggara dalam rangka mengurangi risiko banjir.

Bendungan yang diselesaikan yakni Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur dengan kapasitas 45,90 juta meter kubik dengan progres fisik mencapai 60 persen.

Kemudian, Bendungan Ameroro dengan kapasitas tampung 55,1 juta meter kubik di Kabupaten Konawe segera ditenderkan pada akhir 2019. Anggarannya sekitar Rp1,3 triliun dan saat ini telah sampai pada tahap pembahasan teknis oleh Komisi Keamanan Bendungan.

Selanjutnya, pada 2020 akan disiapkan pembangunan bendungan dengan kapasitas yang jauh lebih besar yakni Bendungan Pelosika yang berkapasitas 822 juta meter kubik dengan membendung Sungai Konawe.

Selain itu, Kepala BWS Sulawesi IV Kendari Haeruddin C. Maddi juga telah merencanakan pembangunan kolam retensi di tiga lokasi dan satu waduk pengendali banjir di daerah hulu sebagai upaya tambahan dalam menanggulangi banjir.

“Jika sistem kolam retensi dan waduk pengendali banjir ini bekerja ditambah tanggul yang sedang dikerjakan, hal itu dapat mereduksi banjir di Kota Kendari hingga 50 persen," katanya melalui siaran pers, Selasa (3/9/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sultra bendungan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top