China Southern Airlines Jajaki Rute Guangzhou-Manado

Rencana pembukaan rute baru itu muncul seiring dengan pesatnya pertumbuhan pariwisata Sulut.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  19:29 WIB
China Southern Airlines Jajaki Rute Guangzhou-Manado
China South Airlines

Bisnis.com, MANADO – China Southern Airlines menjajaki pembukaan rute penerbangan Guangzhou—Manado secara reguler.

Vice President of China Southern Airlines Tan Guang mengatakan rencana pembukaan rute baru itu muncul seiring dengan pesatnya pertumbuhan pariwisata Sulut.

Tan mengatakan pertumbuhan kunjungan wisman, khususnya dari China, menjadi pendorong pariwisata Sulut dalam 4 tahun terakhir. Hingga Juni tahun ini jumlah kunjungan wisman China mencapai 55.950 orang.

“Kami melihat bahwa perkembangan pariwisata di Sulawesi Utara sangat pesat dan menjanjikan alamnya, budayanya, kulinernya dan menurut saya spot diving-nya nomor satu di dunia. Rencana investasi ini juga bukan tanpa dasar. Saya ke sini atas rekomendasi dari sahabat-sahabat saya yang sudah lebih dulu menikmati keindahan alam Sulawesi Utara,” kata Tan, dikutip dari siaran pers, Jumat (30/8/2019).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyambut positif rencana tersebut. Dia mengatakan, Pemprov Sulut akan membantu pengurusan administrasi penerbangan China Southern Airlines untuk merealisasikan rencana pembukaan rute tersebut.

Menurutnya, dengan adanya penerbangan langsung Manado-Guangzhou maka pintu bagi kunjungan wisman asal Cina semakin terbuka lebar.

Olly mengatakan rencana peningkatan kapasitas Bandara Sam Ratulangi menjadi peluang untuk terus mendorong kunjungan wisman China. Dia mengharapkan perpanjangan landasan pacu bandara itu dapat digunakan pesawat dengan ukuran lebih besar.

“Rencana perluasan Bandara Sam Ratulangi dari panjang runway 2.650 meter menjadi 2.800 meter yang semuanya sudah mulai dilaksanakan dan masih banyak lagi pembangunan untuk menunjang pariwisata di Sulut,” ujarnya.

Direktur Great China Kementerian Pariwisata RI Vincent Jemadu menyebut Sulut sebagai The Rising Star Pariwisata di Indonesia. Status tersebut dinilai menjadi daya tarik untuk mengundang maskapai penerbangan asing.

Dia juga mengapresiasi langkah Pemerintah Pusat Joko Widodo untuk menetapkan Sulut sebagai salah satu provinsi yang menjadi super prioritas pembangunan Pariwisata di Indonesia.

Status Sulut sebagai provinsi super prioritas pembangunan pariwisata juga didukung dengan penetapan Manado sebagai salah satu kota metropolitan baru di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, manado, sulut, china southtern, olly dondokambey

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top