Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Cabai di Majene Mencapai Rp100.000/Kilogram

Lonjakan harga cukup signifikan, yakni hingga 100 persen.
Ilustrasi./JIBI-Sunaryo Haryo Bayu
Ilustrasi./JIBI-Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, MAMUJU — Harga cabai khususnya cabai merah dan keriting di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada H-2 atau dua hari sebelum Idul Adha, mengalami lonjakan yang cukup signifikan, yakni hingga 100 persen.

"Memang, kami temukan harga cabai merah dan cabe merah keriting yang masih tinggi. Tapi hal ini akan diantisipasi melalui pasar murah," kata Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Majene Fahmi Massiara, saat melakukan sidak di Pasar Sentral Majene, Jumat (.

Pada sidak itu, TPID mendapati harga cabai yang biasanya dijual Rp45.000 hingga Rp50,000/kilogram, kini menjadi Rp78.000 hingga Rp100. 000 per kilogram.

"Kami telah melakukan langkah antisipasi dengan menggelar pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Majene bersama Perum Bulog Subdivre Polewali Mandar," ujar Fahmi yang juga Bupati Majene itu.

Pada pasar murah itu, lanjut dia Perum Bulog menyiapkan 100 kilogram cabai dengan harga jual Rp75.000 per kilogram.

Pada pasar murah itu juga dijual minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, telur ayam, beras merah, beras hitam, susu serta beras premium.

"TPID berterima kasih atas peran aktif dari Bulog yang telah memfasilitasi intervensi cabai besar dan cabai kriting yang kita ketahui bersama akhir-akhir ini mengalami lonjakan harga," tambahnya.

Sementara Kepala Bulog subdivere Polewali Mandar, Hastuti mengatakan pasar murah yang diselenggarakan hari ini merupakan upaya untuk mendekatkan pangan ke masyarakat sehingga masyarakat dapat memperoleh pangan yang sehat, higienis dan terjangkau.

"Semoga upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah ini dapat menekan angka inflasi khususnya di Kabupaten Majene," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler