Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Sediakan Rp2 Miliar untuk Penukaran Uang di Pulau Terpencil Sulsel

Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Selatan menyiapkan uang Rp 2 miliar untuk ekspedisi kas keliling pulau terluar, terdepan, dan terpencil (3T).
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 30 Juli 2019  |  17:10 WIB
Ilustrasi daerah terpencil
Ilustrasi daerah terpencil

Bisnis.com, MAKASSAR -- Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Selatan menyiapkan uang Rp 2 miliar untuk ekspedisi kas keliling pulau terluar, terdepan, dan terpencil (3T).

Ekspedisi yang kembali bekerjasama dengan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI akan menyusur enam pulau di wilayah Sulsel yaitu Pulau Tanakeke, Liukang Loe, Burung Leo, Kambuno, Batanglempe, dan Pulau Kanalo II.

Pj Kepala Grup Sistem Pembayaran Pengeloaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi Bank Indonesia, Iwan Setiawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai sistem kebijakan untuk meningkatkan peredaran uang yang layak atau clean money.

"Ini adalah upaya menekan uang tidak layak edar dengan melayani penukaran bagi masyarakat pulau yang sangat minim mendapatkan layanan perbankan," jelas Iwan, Selasa (30/7/2019).

Semua pecahan uang kertas disiapkan bank sentral tersebut, mulai dari Rp100.000 hingga Rp1.000.

BI juga melakukan sosialisasi untuk mengenali perbedaan antara uang asli dan palsu kepada masyarakat pulau serta  mengalokasikan bantuan bagi nelayan di pulau-pulau tersebut.

Ekspedisi kas keliling antarpulau BI Sulsel rencananya akan berlangsung 30 Juli-8 Agustus 2019 menggunakan KRI Layaran 854.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel penukaran uang pulau terluar
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top