Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

27 Unit Bus Siap Layani Keberangkatan Jemaah Calon Haji Gorontalo

Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Memastikan 27 unit bus siap melayani armada keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Gorontalo setelah melakukan inspeksi keselamatanbersama Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor (IPKBI) Gorontalo.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 25 Juli 2019  |  21:59 WIB
Calon jemaah haji - Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Calon jemaah haji - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, MANADO – Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Memastikan 27 unit bus siap melayani armada keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Gorontalo setelah melakukan inspeksi keselamatan bersama Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor (IPKBI) Gorontalo.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Provinsi Gorontalo Abdul Karim Rauf menjelaskan, inspeksi keselamatan yang dilakukan meliputi pengecekan terhadap peralatan, sistem penerangan, sistem kemudi, as dan suspensi, ban dan pelek, rangka dan badan, sistem rem, transmisi mesin, sistem bahan bakar, dan sistem kelistrikan.

Ramp check ini kami lakukan untuk menjamin kelaikan kendaraan angkutan Jemaah Calon Haji Gorontalo. Alhamdulillah, hasilnya 27 unit bus yang akan melayani JCH dari Asrama Haji menuju Bandara, dinyatakan memenuhi syarat,” katanya dikutip dari siaran pers, Kamis (25/7/2019).

Selain itu, bersama AVSEC Bandara Djalaludin Gorontalo bersama Dishub Gorontalo melakukan pembinaan terhadap awak angkutan. Pembinaan meliputi kesiapan pengemudi, penguasaan rute perjalanan, surat izin mengemudi, dan tata cara mengemudi dalam rombongan atau rangkaian.

“Dalam pertemuan dengan pengemudi dan pendamping bus, kami sampaikan SOP alur bus, etika pelayanan Jemaah Calon Haji, SOP pergerakan bus di bandara, tata cara pelayanan JCH oleh pendamping bus, yang ini tentunya dalam rangka  optimalisasi layanan kepada Jemaah Calon Haji,” ujarnya.

Dishub juga telah melakukan simulasi pergerakan bus angkutan haji di lingkungan Bandara Djalaludin Gorontalo. Karim mengatakan, simulasi itu dilakukan karena layanan keberangkatan jemaah haji tahun ini menggunakan apron baru.

“Alhamdulillah semua ini berkat upaya keras dari gubernur dan wakil gubernur yang berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI, untuk terus mengembangkan bandara Djalaluddin sehingga jemaah calon haji 2019 ini dapat menggunakan apron baru,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji gorontalo
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top