Pembersihan Situ Telaga di Pohuwato Gorontalo Tunggu Kejelasan Status

Situ Telaga yang berada di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato akan dibersihkan dari gulma yang memenuhi pinggiran SITU setelah ada kejelasan status dari SITU
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 21 Juli 2019  |  18:42 WIB
Pembersihan Situ Telaga di Pohuwato Gorontalo Tunggu Kejelasan Status
Ilustrasi situ - Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, MANADO - Situ Telaga yang berada di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato akan dibersihkan dari gulma yang memenuhi pinggiran Situ setelah ada kejelasan status.

“Kalau sudah jelas Pak Wabup, Pak Ketua DPRD, bisa diserahkan langsung ke provinsi dengan resmi berupa surat. Nanti kami Provinsi dengan Balai Sungai akan melihat lagi dan kita akan serahkan ke Balai Wilayah Sungai (BWS) 2 Provinsi Gorontalo,” jelas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dikutip dari siaran pers, Minggu (21/7/2019).

Dia menjelaskan, dalam menentukan status Situ Telaga harus dilihat asepak sejarahnya yang merupakan aset kecamatan, desa atau dimiliki masyarakat. Apa bila telah ada kejelasan status terkait Situ Telaga, Pemprov Gorontalo dapat menganggarkan biaya revitalisasi.

”Kalau sudah jelas status, kami ada APBDP 2019, akan kita sisihkan anggarannya, minimal untuk pembersihan gulma yang cukup banyak,” ucapnya.

Dia menambahkan, hal itu perlu dilakukan dengan segera karena terdapat kekhawatiran adanya pihak yang mengaku sebagai ahli waris. Hal ini, lanjutnya, akan menambah rumit proses revitalisasi kawasan itu.

Clear-kan dulu, setelah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi, itu akan kami buat sertifikat, kami akan ukur dengan Badan Pertanahan, setelah itu sertifikat zonasinya, batas batasnya dimana saja, baru kita mulai peninjauan,” imbuh Rusli.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Gorontalo Handoyo menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan anggaran untuk pembersihan Situ Telaga dalam APBDP 2019, namun tetap mengutamakan kejelasan area itu terlebih dahulu.

”Status dari danau atau SITU ini harus cepat diurus pemerintah daerah atau kabupaten,” ujarnya.

Dia menjelaskan, anggaran yang akan disediakan untuk pembersihan ini mencapai sekitar Rp300 juta. Situ Telaga merupakan salah salah satu dari lima situ yang ada di Kabupaten Pohuwato dengan luas 48 ha. Situ Telaga mampu menampung air sebanyak 1300 meter kubik.

Menurutnya, Situ Telaga ini rencananya difungsikan sebagai sumber cadangan air tanah, perikanan dan untuk pariwisata. Di Kabupaten Pohuwato. Saat ini Pemprov Gorontalo telah membantu membersihkan Danau Perintis di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dan juga Situ Teratai yang ada di Kabupaten Boalemo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gorontalo, danau, apbdp

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top