Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Unhas Bina UMKM di Perdesaan

Mahasiswa fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Unhas berupaya mengambil andil untuk terus memberdayakan peran UMKM.
Mahasiswa KKN PPM FEB Unhas di Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.
Mahasiswa KKN PPM FEB Unhas di Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.

Bisnis.com, MAKASSAR -- Peran usaha mikro kecil menengah (UMKM) diyakini berkontribusi besar dalam mendorong perekonomian daerah. Melihat hal itu, mahasiswa fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Unhas berupaya mengambil andil untuk terus memberdayakan peran UMKM.

Melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN PPM), mahasiswa FEB Unhas melakukan pembinaan intens terhadap para pelaku UMKM di Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.

Dosen Pembimbing KKN PPM FEB Unhas, Anas Iswanto Anwar mengatakan, saat ini pihaknya memang berkomitmen untuk fokus dalam peningkatan kewirausahaan dan daya saing bagi UMKM. Tak hanya di wilayah perkotaan, tetapi juga di pedesaan.

"Potensi UMKM di daerah-daerah itu cukup besar. Hanya saja mereka masih minim akses karena kurangnya informasi yang didapatkan," kata Anas, Selasa (2/7/2019).

Sebanyak 20 mahasiswa KKN PPM UNHAS Angkatan 102 dari FEB Unhas akan terlibat dan terjun langsung dalam membina para pelaku UMKM di Kecamatan Minasatene. Apalagi Kabupaten Pangkep dikenal sebagai daerah penghasil budidaya laut di Sulawesi Selatan.

"Misalnya saja untuk pengolahan ikan. Itu kan bisa jadi abon dan dipasarkan ke berbagai daerah," ungkap Ketua Prodi S3 Doktor Ilmu Ekonomi Unhas ini.

Saat ini, pemerintah setempat juga fokus dalam membangun kelompok-kelompok usaha kecil menengah. Berbagai program juga diberikan guna mendorong pertumbuhan UMKM dan bisa berdaya saing.

Camat Minasatene Pangkep, Satria Hasan Sammana, menyambut mahasiswa FEB Unhas dengan tangan terbuka. Menurutnya, sebuah hal yang tidak boleh disia-siakan jika ada pihak yang juga ingin berkontribusi dalam menumbuhkan perekonomian di wilayahnya.

"Menjadi kebanggaan bagi kami selaku pemerintah daerah, karena menjadikan kami salah satu pilihan untuk menitipkan mahasiswa KKN PPM Unhas, khususnya Desa Kabba. Ini akan sangat bermanfaat bagu warga kami," jelas Satria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper