BNI Wilayah Manado Siapkan Rp4,5 Triliun untuk Fasilitasi Kebutuhan Lebaran

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Wilayah Manado akan membuka sejumlah kantor cabang untuk memfasilitasi transaksi nasabah selama periode liburan Idulfitri 1440 Hijriah di empat provinsi.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 28 Mei 2019  |  21:01 WIB
BNI Wilayah Manado Siapkan Rp4,5 Triliun untuk Fasilitasi Kebutuhan Lebaran
ATM Bank BNI - Antara/Adwit B. Pramono

Bisnis.com, MANADO—PT Bank Negara Indonesia (Persero) Wilayah Manado akan membuka sejumlah kantor cabang untuk memfasilitasi transaksi nasabah selama periode liburan Idulfitri 1440 Hijriah di empat provinsi.

BNI Wilayah Manado membawahi empat provinsi yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara. Dari keempat provinsi tersebut, secara total BNI memiliki jaringan kantor cabang yang tersebar di delapan kota dan 36 kabupaten.

Pimpinan Jaringan dan Layanan BNI Wilayah Manado Ferry Sinaga menjelaskan di Manado perseroan memiliki gerai yang tersebar di area pertokoan, dan perkantoran, dan area rumah penduduk. Mayoritas gerai, atau 68 persen di antaranya berada di area pertokoan.

Ferry mengutarakan untuk melayani kebutuhan transaksi melalui mesin anjugan tunai mandiri (ATM) pada 3—7 Juni, perseroan mempersiapkan dana sebesar RP335 miliar. Adapun total mesin ATM yang dimiliki BNI mencapai 480 unit.

“Dari 552 tersebut 480 di antaranya merupakan ATM tunai, 31 cashless dan 41 di antaranya merupakan mesin CRM atau cash recycling machine,” kata Ferry di Manado, Selasa (28/5/2019).

Sementara itu penyediaan kas untuk memenuhi kebutuhan nasabah selama periode tersebut disiapkan sebesar Rp4,2 triliun. Dengan demikian, lanjutnya, total persediaan kas atau uang tunai di BNI untuk masa lebaran mencapai Rp4,5 triliun.

Ferry menjelaskan perseroan hanya akan menutup operasional seluruh kantor cabang pada tanggal 5 Juni. Di luar tanggal tersebt, kecuali hari Minggu, sejumlah kantor cabang akan beroperasi secara terbatas.

“BNI akan tetap aktif melayani nasabah, baik di masa sebelum dan sesudah lebaran. BNI secara kantor hanya off tanggal 5 Juni, tanggal 30 kami bahkan masih buka. Setelah itu, tanggal 6—7 Juni kami buka kembali untuk melayani nasabah,” kata Ferry.

Ferry menjelaskan, pada tanggal 3—4 Juni, Kantor Cabang Manado, Digital Branch di Manado Town Square, dan Kantor Cabang Palu akan beroperasi pada 09.00—14.00 WITA. Khusus cabang digital, akan beroperasi mulai pukul 10.00 WITA hingga 17.00 WITA.

Setelah lebaran, atau tanggal 6—7 Juni, ketiga kantor cabang tersebut juga akan beroperasi secara terbatas. Waktu operasional pada dua hari tersebut juga berlangsung sama dengan pada tanggal 3—4 Juni.

Ferry menyatakan pada operasional terbatas tersebut, BNI tetap melayani transaksi nasabah melalui teller seperti biasa. Transaksi setoran, pembayaran, penggantian kartu, hingga komplain dapat dilakukan seperti pada hari operasional biasanya.

“Namun demikian, untuk kantor cabang digital di Mantos [Manado Townsquare] 3, nasabah hanya bisa melakukan pembukaan rekening melalui BNI Self-Service Opening Account [BNI SONIC] dan setoran tunai melalui mesin CRM,” jelas Ferry.

Selain itu, BNI memfasilitasi kebutuhan nasabah dengan menggelar layanan weekend banking pada Sabtu (1/6/2019), di Kantor Kas Mantos, Kantor Cabang Calaca, Kantor Kas Manonda, Kantor Cabang Pembantu Paris Superstore, dan Kantor Kas Digital Branch Mantos.

“Khusus untuk kantor kas di cabang digital yang di Mantos 3, layanan weekend banking juga dilaksanakan pada hari Minggu, buka mulai jam 13.00 WITA sampai 22.00 WITA. Kantor cabang yang lain buka dari jam 8, beberapa jam 9 pagi dan jam 10 pagi,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bni, manado, sulut, lebaran, idulfitri

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top