Pelindo IV Persilakan Belanda Investasi di Makassar New Port Tahap III

PT Pelindo IV membuka pintu investasi bagi perusahaan asal Belanda untuk pengembangan industri perdagangan zona ekonomi terpadu yang rencananya dibangun di kawasan Makassar New Port Tahap III.
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 24 April 2019  |  19:51 WIB
Pelindo IV Persilakan Belanda Investasi di Makassar New Port Tahap III
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR — PT Pelindo IV membuka pintu investasi bagi perusahaan asal Belanda untuk pengembangan industri perdagangan zona ekonomi terpadu yang rencananya dibangun di kawasan Makassar New Port Tahap III.

Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang mengatakan, kerja sama dengan Belanda sebelumnya sudah pernah dijajaki bahkan sudah ada feasibility study tapi belum berlanjut.

"Kerja sama ini sebenarnya sudah pernah dijajaki dulu, rencana membangun pelabuhan Maluku, termasuk pengembangan pelabuhan di Marang Kayu, Kalimantan Timur. Saya mau pengembangan-pengembangan kerja sama itu kembali dioptimalkan," jelas Farid seusai menerima kunjungan Delegasi Perdagangan Belanda, Rabu (24/4/2019).

Khusus untuk Sulawesi Selatan, terangnya, mereka akan mendukung pembangunan Makassar New Port Tahap III.

"Mereka meminta jangan hanya China yang bisa invest. Delegasi Belanda juga kepincut dengan Kawasan Ekonomi Khusus di Bitung, Palu, serta Sorong yang lebih fokus ke pariwisata. Khusus untuk Makassar sendiri itu di sektor manufaktur seperti otomotif," jelas Farid.

MNP Tahap III akan mulai digodok 2021 dengan estimasi kebutuhan investasi sekitar Rp69 triliun.

Farid menegaskan perseroan membuka lebar peluang investasi MNP namun masih difokuskan untuk tahap III.

"Jadi MNP tahap I dan II murni dibangun anak bangsa, nanti Tahap III baru kita jaring kerja sama dengan pihak luar," tuturnya.

Selain Belanda, untuk pembangunan tahap III akan menggandeng negara lain juga namun pada prinsipnya, kata Farid, mereka boleh menanam investasi tapi tetap terkontrol.

Deputy Head of Economic Department Netherlands Embassy in Indonesia, Joost Nuijten menyampaikan, kerja sama perdagangan ini dimaksudkan untuk mempromosikan perdagangan dan investasi yang berkelanjutan.

Selain itu diharap juga memberikan solusi yang strategis untuk tantangan lokal Sulawesi Selatan.

"Kami dan Pelindo IV juga berencana meneken Memorandum of Understanding pada sisi pengembangan sumber daya manusia. Ada pertukaran tenaga kerja dan soft course di Belanda," imbuh Joost. (K39)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
makassar

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top