Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Musrenbang Sulawesi Utara Pertajam Tujuh Prioritas Pembangunan

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menyatakan pemerintah harus berfokus pada tujuh prioritas pembangunan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 26 Maret 2019  |  20:06 WIB
Tampak depan Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara  - Bisnis/Kurniawan A. Wicaksono
Tampak depan Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara - Bisnis/Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MANADO—Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menyatakan pemerintah harus berfokus pada tujuh prioritas pembangunan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020.

"Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, Pemantapan Sumber Daya Manusia, Pariwisata, ketahanan pangan dan industri ekonomi kreatif, Pemerataan infrastruktur, Trantibmas dan sukses Pemilu Kepala Daerah, Reformasi birokrasi dan Mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan hidup," katanya dalam siaran pers, Selasa (26/3/2019).

Tujuh prioritas pembangunan daerah tersebut, lanjutnya, sejalan dengan RKPD 2020 yang berfokus pada pemantapan sumber daya manusia berkualitas dan peningkatan pemerataan infrastruktur. Steven menuturkan, prioritas itu dapat diwujudkan dengan sinkronisasi dan sinergitas kebijakan perencanaan pembangunan.

"Harus ada sinkronisasi kebijakan perencanaan mulai dari pusat, daerah provinsi dan kabupaten/kota dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional," ungkap Kandouw.

Kandouw menerangkan, paradigma perencanaan pembangunan sejak juga telah diubah demi kepentingan rakyat. Saat ini penyusunan program diarahkan pada manfaat untuk kemaslahatan masyarakat Sulut.

"Tidak semua tugas dan fungsi harus dibiayai secara merata dan dinamika yang terjadi memerlukan akselerasi dalam hal pemangkasan terhadap program yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat  bagi rakyat," imbuhnya.

Dia juga meninjau simulasi perencanaan dan penganggaran menggunakan e-planning dalam proses penyusunan RKPD Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020. Pemprov Sulut menerapkan e-planning untuk meningkatkan efektivitas dan pendayagunaan keunggulan sumber memanfaatan teknologi dan informasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut musrenbang
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top