Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS : Februari 2019, NTP Sulut Masih di Bawah 100

Nilai Tukar Petani Sulawesi Utara pada Februari turun 0,24%, dari nilai 95,41 pada bulan sebelumnya menjadi 95,18. Penurunan disebabkan oleh kenaikan harga barang-barang kebutuhan rumah tangga serta biaya produksi dan penambahan barang modal.

Bisnis.com, MANADO—Nilai Tukar Petani Sulawesi Utara pada Februari turun 0,24%, dari nilai 95,41 pada bulan sebelumnya menjadi 95,18.

Penurunan disebabkan oleh kenaikan harga barang-barang kebutuhan rumah tangga serta biaya produksi dan penambahan barang modal.

Kepala Badan Pusat Statisik (BPS) Sulawesi Utara Ateng Hartono menjelaskan, nilai tukar petani (NTP) merupakan daya tukar atau daya beli petani yang diukur berdasarkan indeks harga terhadap komoditas yang diterima oleh petani.

Nilai NTP pada 2019 mengalami penurunan 0,21% secara tahun berjalan. Adapun, secara tahunan atau secara year on year NTP di Sulawesi Utara mengalami kenaikkan 2,51%.

Di sisi lain nilai tukar usaha rumah tangga pertanian (NTUP) pada Februari menurun 0,35% dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Januari, NTUP masih mencapai 107,59, dan menurun menjadi 107,22 pada bulan kedua tahun ini.

“NTP Sulawesi utara hingga Februari masih berada di bawah 100, keadaan ini menunjukkan daya beli petani secara umum belum membaik dibandingkan kondisi pada 2012,” ujarnya di Manado, Kamis (1/3/2019).

Dia juga menambahkan bahwa di daerah pedesaan Sulawesi Utara terjadi inflasi sebesar 0,30%. Hal itu dipicu oleh inflasi pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau yang mencapai 0,55% pada periode tersebut.

Berdasarkan pemantauan karga komoditas di pedesaan, lanjutnya, secara umum dapat digambarkan bahwa memburukanya nilai NTP sebesar 0,24% disebabkan oleh kenaikan konsumsi rumah tangga 0,30% serta biaya produksi dan penambahan barang modal sebesar 0,42%.

Namun demikian, dia menjelaskan bahwa NTP pada Februari tahun ini relatif lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama dalam 2 tahun terakhir. Pada Februari 2017 dan Februari 2018, NTP tercatat sebesar 92,86 dan 95,21.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper