Masuki Tahun Baru, Ini 7 Poin Imbauan Wali Kota Makassar

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan perihal perayaan pergantian tahun 2018 ke tahun 2019 pada masyarakat untuk dilaksanakan.
Newswire | 31 Desember 2018 08:01 WIB
Pembangunan masjid 99 kubah dilihat dari Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (15/12/2018). Di lokasi ini akan digelar salat subuh berjemaah memasuki Tahun Baru 2019. - Antara/Abriawan Abhe

Bisnis.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan perihal perayaan pergantian tahun 2018 ke tahun 2019 pada masyarakat untuk dilaksanakan.

"Dalam upaya menyambut pergantian tahun dan untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang tertimpa bencana, serta meningkatkan nilai religius dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," demikian pernyataan Wali Kota dalam surat edarannya.

Surat edaran memuat tujuh poin imbauan kepada masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun secara berlebih-lebihan.

Tujuh poin tersebut yakni pertama, diminta seluruh masjid untuk menggelat zikir, syukur, dan berdoa untuk perlindungan Kota Makassar dari segala bencana, dan mensyukuri atas perkembangan Makassar pada 2018, serta mendoakan saudara-saudara kita di Banten dan Lampung yang mengalami tsunami.

Kedua, kegiatan zikir, syukur, dan doa ini juga dilaksanakan pengumpulan donasi untuk Banten dan Lampung.

Ketiga, kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan konvoi kendaraan bermotor serta pesta kembang api dan petasan.

Keempat, diharapkan kepada seluruh keluarga untuk memonitor, memantau kegiatan anaknya masing-masing. Kelima, Pemerintah Kota Makassar akan melakukan razia minuman keras, alat kontrasepsi yang dijual tidak pada tempatnya.

Keenam, tetap waspada terhadap cuaca, kriminalitas, dan bahaya kecelakaan di jalan. Ketujuh, diharapkan dalam menyambut fajar 2019, semua masyarakat menggelorakan salat Subuh berjamaah di masjid.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar akrab disapa Danny Pomanto menegaskan perayaan malam tahun baru di Anjungan Pantai Losari tidak seperti tahun lalu.

Perayaan malam pergantian tahun nanti dilaksanakan secara sederhana tanpa ada pesta kembang api. Malam pergantian tahun akan dikemas dalam kegiatan musikal selama 1 jam, selanjutnya kegiatan keagamaan dengan menggelar zikir dan doa bersama menghadirkan selulur jajaran Pemkot Makassar serta masyarakat di anjungan pantai losari.

"Zikir akbar ini bertujuan meminta kepada Allah SWT untuk senantiasa kita diberikan perlindungan di Kota Makassar dari segala keburukan maupun terhindar dari bencana," ujarnya.

Rencananya, usai pelaksanaan zikir dan doa bersama, dilanjutkan dengan peluncuran Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) untuk 2019.

Memasuki 2019, digelar salat subuh berjamaah di Anjungan Losari. Selanjutnya, Pemkot bersama 300 komunitas melaksanakan aksi bersih kota.

Sumber : Antara

Tag : tahun baru, makassar
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top