Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Manado-Bitung Beroperasi Fungsional selama Libur Natal dan Tahun Baru

Demi mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A akan beroperasi secara fungsional mulai Senin (24/12/2018).
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018)./Istimewa-PT Jasamarga Manado Bitung
Perkembangan proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara pada Selasa (3/7/2018)./Istimewa-PT Jasamarga Manado Bitung

Bisnis.com, JAKARTA -- Demi mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A akan beroperasi secara fungsional mulai Senin (24/12/2018).
 
Jalan Tol Manado-Bitung merupakan jalan tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut) dan terbentang dari Airmadidi hingga Danowudu sepanjang 14,5 kilometer (km). Jalan tol ini dikelola oleh kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., yakni PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).
 
Menurut Direktur Utama JMB George IMP Manurung, tujuan difungsionalkannya Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A adalah membantu kelancaran arus transportasi menjelang libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
 
“Beroperasinya jalan tol ini secara fungsional juga dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung sebagai jalan tol pertama di Sulut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (23/12/2018).
 
George menambahkan beroperasinya jalan tol ini secara fungsional akan diperuntukkan hanya untuk kendaraan kecil dan berlaku pada 24 Desember 2018–1 Januari 2019 untuk arah Manado ke Bitung. Sementara itu, untuk arah Bitung ke Manado berlaku pada 2 Januari–5 Januari 2019.

Adapun pemberlakuan jam operasional untuk jalan tol fungsional tersebut yaitu selama pukul 07.00-17.00 WIT.
 
“Sebagian masyarakat Manado dan sekitarnya biasanya berlibur ke luar kota untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Setelah Tahun Baru, mereka kembali ke kota asal,” tuturnya.
 
Beroperasinya Jalan Tol Manado-Bitung 1B dan Seksi 2A dapat mempersingkat waktu tempuh antara Manado dan Bitung serta sebaliknya bila dibandingkan dengan menggunakan jalan arteri atau non tol. Jika jalur biasa ditempuh dengan waktu antar 45-60 menit, maka jalur tol ini hanya akan memakan waktu 25-30 menit.
 
Untuk melewati jalur fungsional, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu awas dan berhati-hati karena kondisi jalan yang masih terbatas. Selain itu, patuhi arahan petugas di lapangan serta perambuan yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan kendaraan yang diperbolehkan saat melalui jalur fungsional, serta pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan isi penuh BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper