Layanan Data jadi Fokus Telkomsel di Pamasuka

Penguatan infrastruktur BTS berteknologi 4G menjadi titik fokus Telkomsel Area Pamasuka dalam mengantisipasi lonjakan trafik terkhusus pada segmen data saat periode Natal dan Tahun Baru 2019.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 19 Desember 2018  |  19:20 WIB
Layanan Data jadi Fokus Telkomsel di Pamasuka
Teknisi Telkomsel - JIBI/Rachman

Bisnis.com, MAKASSAR - Penguatan infrastruktur BTS berteknologi 4G menjadi titik fokus Telkomsel Area Pamasuka dalam mengantisipasi lonjakan trafik terkhusus pada segmen data saat periode Natal dan Tahun Baru 2019.

Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka Ronny Arnaz mengatakan langkah tersebut dilakukan menyesuaikan dengan estimasi lonjakan data yang bakal bergerak hingga 20% pada periode akhir tahun ini.

Adapun langkah rill perseroan itu dilakukan melalui penambahan 198 titik BTS 4G serta melakukan upgrade capacity 4G pada 60 titik yang tersebar secara proporsional pada Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka).

Menurut Ronny, itu dilakukan setelah melalui tahapan pemetaan pada daerah yang bakal berpotensi menjadi titik-titik konsentrasi lonjakan trafik atau disebut sebagai Point of Interest (PoI).

Hasil pemetaan yang dijadikan acuan itu kemudian terhimpun sebanyak 158 PoI yang selanjutnya diklasifikasikan menjadi 55  titik platinum, 48 titik gold dan 55  titik silver yang juga termasuk di dalamnya adalah 15 titik posko siaga pada tempat-tempat wisata.

Serangkaian hal tersebut diyakini bisa melayani lonjakan trafik data yang bakal didominasi oleh layanan video sebesar 31%, kemudian layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming serta bermain gim daring.

Selain layanan data, papar Ronny, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5% pada periode akhir tahun ini.

Proyeksi berbanding terbalik terjadi pada layanan suara diperkirakan mengalami penurunan trafik meski dalam skala yang relatif terbatas yakni 1,4% dibandingkan hari biasa.

Ronny menguraikan, penguatan kapasitas jaringan menjadi bentuk komitmen perusahaan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun.

“Dan juga, kami secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan," papar Ronny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel, PAMASUKA

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top