Sidak Pasar, Gubernur Sulut Jamin Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Pinasungkulan Karombasan Manado guna memastikan secara langsung stok serta harga Bahan Pokok (Bapok), yang dijual pedagang jelang perayaan Natal dan Tahun baru 2019.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 14 Desember 2018  |  17:24 WIB

Bisnis.com, MANADO— Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Pinasungkulan Karombasan Manado guna memastikan secara langsung stok serta harga Bahan Pokok (Bapok), yang dijual pedagang jelang perayaan Natal dan Tahun baru 2019.

"Sampai saat ini ketersediaan bapok dan harga bapok masih terkendali dan aman. Jadi, masyarakat Sulawesi Utara terutama umat kristen yang akan menggelar perayaan Natal tak perlu kuatir karena stok bapok masih tersedia hingga beberapa bulan kedepan,"ujarnya, Jumat (14/12/2018).

Lanjut Gubernur, rata-rata harga bapok, daging, ikan masih terkendali dan tidak melonjak.

"Jadi saya kira menjelang Natal dan Tahun Baru harga sembako dan daging, ikan di pasar tradisional di Sulut masih dibawah normal. Untuk itu sekali lagi saya mau sampaikan kepada masyarakat jangan kuatir karena stok tetap tersedia menyambut Natal dan Tahun Baru 2019," tegas Gubernur Olly.

Saat melakukan sidak Gubernur juga sempat berdialog dengan para pedagang. Gubernur juga mengingatkan kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulut untuk terus memantau stok dan harga Bapok agar semua kebutuhan masyarakat Sulut jelang perayaan Natal dan tahun baru bisa terpenuhi dengan baik.

Sebelumnya, tim Kementerian Perdagangan yang terdiri dari Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar Kementerian Perdagangan Sutriono Edi, didampingi oleh Sekretaris Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Sri Nastiti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Jenny Karouw juga melakukan sidak bahan pokok  ke Pasar Pinasungkulan dan Pasar Bersehati Manado, serta Hypermart dan Carrefour Manado pada Kamis (13/12).

Berdasarkan hasil pemantauan pada pasar tersebut per 13 Desember 2018, harga beras medium Bulog Rp 9.450/kg, beras premium Rp 11.000—12.500/kg, gula pasir Rp 12.000/kg, minyak goreng curah Rp 12.000/liter, cabe merah keriting Rp 31.000/kg, cabe rawit merah asal Gorontalo (super) Rp 49.500/kg, bawang merah Rp 31.000/kg, bawang putih Rp 26.000/kg, ayam segar Rp 38.000/kg, ayam beku Rp 34.000/kg, daging sapi Rp 110.000/kg, dan telur ayam Rp 28.800/kg.

Kenaikan harga umumnya terjadi pada harga ayam pedaging lokal dari normalnya Rp28.000/kg menjadi  Rp38.000/kg, akibat meningkatnya permintaan dan keterbatasan stok. Untuk menekan harga, pasokan daging ayam beku dari Surabaya pun dijual di pasar tradisional dengan harga Rp35.000/kg guna memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sulawesi utara, bahan pokok

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top