Gubernur Sulbar ajak Orangtua Siapkan Generasi Emas

Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar mengajak semua pihak, khususnya para orang tua untuk mempersiapkan generasi emas yang maju dan \"Malaqbi\" atau bermartabat.
Rustam Agus | 27 November 2018 20:00 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, MAMUJU--Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar mengajak semua pihak, khususnya para orang tua untuk mempersiapkan generasi emas yang maju dan "Malaqbi" atau bermartabat.

"Mari persiapkan generasi emas sejak dini, dengan memberikan perlindungan pada anak-anak agar mereka tumbuh berkembang dengan baik, tanpa kekerasan fisik maupun verbal," katanya di Mamuju, Selasa.

Menurutnya demi mencapai tumbuh kembang anak yang optimal dalam mempersiapkan generasi emas tersebut, perlu peningkatan kualitas hidup anak-anak dengan pemenuhan gizi yang cukup dan seimbang, akses kesehatannya maupun pendidikan, dengan mengutamakan kehangatan dalam keluarga.

Selain itu, lanjutnya juga perlu peran orang dewasa yang mampu memberikan kasih sayang, perhatian, keamanan dan perlindungan serta memahami dan mampu merespon apa yang mereka butuhkan.

Sementara saat seminar Pengasuhan Tumbuh Kembang Anak dalam rangka HUT Ke-19 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulbar, Kepala BKKBN Sulbar Andi Ritamariani mengatakan tujuan pelaksanaan seminar untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pengasuhan 1.000 hari pertama kehidupan, yang berkaitan dengan penurunan angka stunting, melalui pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang balita dan anak.

Ia menyebutkan berdasarkan hasil penelitian bahwa pondasi utama kehidupan manusia di masa depan dapat, dapat dipengaruhi pengasuhan pertama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

"1.000 HPK dimulai dari sejak awal terjadinya konsepsi atau 270 hari masa kehamilan serta 730 hari setelah lahir, hingga anak berusia dua tahun," terangnya.

Ia juga menyebutkan kehidupan 1.000 HPK seorang anak sangat penting, dikarenakan masa tersebut terjadi pertumbuhan dan perkembangan 90 persen sel-sel otak anak.

Selain itu, tambahnya juga merupakan masa pembangunan kekebalan tubuh dan penentu status gizi anak.

Seminar tersebut terlaksana atas kerjasama Kantor Perwakilan BKKBN Sulbar dan Dharma Wanita Persatuan Sulbar dengan mengangkat tema 'Mempersiapkan Generasi Emas Melalui 1.000 HPK'.

Adapun sebagai narasumber dalam seminar itu, yakni Djunaidi M Dachlan dan Kepala BKKBN Sulbar sendiri.

Sedangkan para peserta seminar diikuti sekitar 400 orang yang berasal dari berbagai unsur.

Tag : sulbar, generasi muda
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top