Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkutan Lebaran 2018 : Baubau Sultra Dilayani 52 unit Kapal

Sebanyak 52 unit kapal penumpang dari dan ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, siap untuk melayani penumpang maupun barang pada masa angkutan Lebaran 2018.
Mudik transportasi laut/Antara
Mudik transportasi laut/Antara

Bisnis.com, BAUBAU--Sebanyak 52 unit kapal penumpang dari dan ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, siap untuk melayani penumpang maupun barang pada masa angkutan Lebaran 2018.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Baubau, Subagyo, di Baubau, Jumat, mengatakan 52 unit kapal yang akan dioperasikan melayani penumpang baik lintas provinsi maupun antarpulau di Sultra itu yakni kapal PT Pelni, PT ASDP dan kapal-kapal dari perusahaan swasta.

Menurut dia, perusahaan kapal yang beroperasi pada angkutan lebaran Idul Fitri ini yakni, PT Pelni 10 unit, PT Dharma Lautan Utama satu kapal, PT ASDP empat kapal, PT Dharma Indah empat kapal, PT Aksar Saputra Lines 12 kapal, PT Wahyu Samudra Timur 11 kapal, PT Fungka Permata Group tiga kapal, PT Uki Raya dua kapal, PT Boy Bahtera Mandiri dua armada,da PT Mira Cipta Sombu tiga kapal.

"Sejumlah kapal-kapal ini akan melayani sejumlah trayek atau rute baik antarpulau di Sultra maupun luar provinsi. Kita harapkan semua armada kapal angkutan lebaran yang akan beroperasi dalam kondisi stabil," katanya.

Dikatakannya, sejumlah armada PT Dharma Indah akan beroperasi rute antarpulau di antaranya Baubau-Talaga-Sikeli-Kasipute (Bombana), dan Baubau-Raha (Muna)-Kendari. Begitu pula, kapal milik PT ASDP akan beroperasi ditrayek Baubau-Waara (Buton Tengah), Baubau-Siompu (Buton Selatan), dan Baubau-Dongkala (Bombana).

Sedangkan, kapal yang dioperasikan PT Aksar Saputra Lines diantaranya rute Baubau-Binongko (Wakatobi), Baubau-Talaga (Buton Selatan), Baubau-Tomia (Wakatobi), Baubau-Sikeli (Bombana), Baubau-Boepinang (Bombana), dan Baubau-Kaledupa (Wakatobi).

Sementara, armada kapal yang dioperasikan PT Fungka Permata diantaranya rute Baubau-Biningko (Wakatobi), Baubau-Raha (Muna)-Taliabo (Sulteng). Sedangkan kapal yang dioperasikan PT Wahyu Samudera Timur diantaranya rute Baubau-Kasipute (Bombana), Baubau-Binongko (Wakatobi), Baubau-Talaga (Buton Selatan).

Armada kapal yang dioperasikan PT Uki Raya diantaranya rute Baubau-Raha (Muna)-Banggai (Sulteng). Sedangkan perusahaan pelayaran lainnya, yakni PT Boy Bahtera Mandiri rute Baubau-Dongkala, dan trayek Baubau Kaledupa. Dan armada KFC Jetliner trayek Baubau-Kendari-Wanci.

Selain kapal tersebut, terdapat pula armada PT Pelni yang akan beroperasi kesejumlah provinsi diantaranya trayek ke wilayah timur dan barat.

"Prediksi kita 2018 ada kenaikan penumpang sebesar dua persen atau menjadi 103.213 dari tahun 2017 sebesar 101.190 yang terdiri dari penumpang naik sebanyak 46.132 dan turun sebanyak 55.058 orang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler