Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wagub Sulut: Investasi Tanpa Keamanan, Nol

Keamanan menjadi faktor krusial penentu investor membenamkan modalnya, tidak terkecuali di Sulawesi Utara.
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 07 Mei 2018  |  22:20 WIB
Wagub Sulut: Investasi Tanpa Keamanan, Nol
Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw dalam Sosialisasi Pedoman Kerja BKPM dan Polri tentang Koordinasi Perlindungan dan Keamanan Bagi Dunia Usaha Untuk Mendukung Kegiatan Investasi, Senin (7/5/2018). -bisnis - Kurniawan A. Wicaksono
Bagikan

Bisnis.com, MANADO – Keamanan menjadi faktor krusial penentu investor membenamkan modalnya, tidak terkecuali di Sulawesi Utara.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw dalam Sosialisasi Pedoman Kerja BKPM dan Polri tentang Koordinasi Perlindungan dan Keamanan Bagi Dunia Usaha Untuk Mendukung Kegiatan Investasi, Senin (7/5/2018).

“Investasi tanpa keamanan adalah nol. Keamanan adalah kunci bertumbuhnya Investasi. Jaminan keamanan di Sulut membuat para investor tidak ragu menanamkan modalnya,” ujarnya.

Hal ini, sambungnya, harus dipahami benar-benar oleh semua stakeholders termasuk pemerintah kabupaten/kota. Pasalnya, Sulut masih menang dari sisi keamanan dibandingkan dengan beberapa daerah seperti Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Pihaknya meminta agar tidak ada lagi pejabat daerah dengan mindset menghambat investasi, terutama dari sisi perizinan. Apalagi, peran investasi sangat penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Apalagi, fiskal daerah masih cukup terbatas untuk memberikan stimulus pada perekonomian. Pada saat yang bersamaan, komoditas ekspor unggulan Bumi Nyiur Melambai juga masih terpengaruh dengan faktor eksternal, seperti harga di tingkat global.

“Tidak ada jalan lain. Kita harus mendorong investasi,” imbuhnya.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Moechgiyarto memaparkan sosialisasi pedoman kerja merupakan tindak lanjut atas penandatanganan Nota Kesepahaman antara BKPM dengan Polri pada 22 Februari 2016 di Istana Negara.

“Saya harap seluruh jajaran kepolisian, baik di Polda Sulut maupun di seluruh Polres dapat memahami dan mengaplikasikannya,” katanya.

Sebagai Kabaharkam, pihanya menegaskan komitmen untuk mengamankan investasi di Indonesia, termasuk di Sulut. Kendati demikian, jika ada masalah terkait investasi, Bareskrim Polri akan menanganinya.

Direktur Wilayah III Kedeputian Pengendalian Pelaksanaan BKPM Wisnu Soedibjo mengungkapkan pedoman kerja BKPM dan Polri menjadi pedoman untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif. Identifikasi masalah juga akan bisa dilakukan dengan tepat.

 

 

7-MANADO-((SUDAH CMS)) Wagub Sulut: Investasi Tanpa Keamanan adalah Nol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top