Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Manado Dapat Kartu Uang Elektronik Gratis

Mulai besok, Rabu (18/4/2018), masyarakat di wilayah Manado berkesempatan mendapat kartu uang elektronik secara gratis saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, MANADO – Mulai besok, Rabu (18/4/2018), masyarakat di wilayah Manado berkesempatan mendapat kartu uang elektronik secara gratis saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU.

Hal ini diungkapkan oleh Soekowardojo (foto), Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut). Menurutnya, program hasil kerja sama dengan beberapa perbankan dan pengelola SPBU ini dilakukan untuk meningkatkan transaksi nontunai.

“Itu kita mulai besok sampai 2 bulan ke depan. Kita melakukan promosi dengan SPBU dan perbankan untuk menggalakkan transaksi nontunai,” ujarnya ketika ditemui seusai menghadiri Penandatanganan MoU Program Kerja Sama Beasiswa BI, Selasa (17/4/2018).

Masyarakat Manado Dapat Kartu Uang Elektronik Gratis

Dia memaparkan promosi yang diberikan oleh perbankan yakni pada pembelian bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi lebih dari Rp250.000 (untuk mobil) dan Rp35.000 (untuk motor). Pembagian uang elektronik secara gratis pun hanya berlaku dari pukul 09.00 WITA hingga 12.00 WITA.

Pihaknya mengungkapkan sudah ada Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA yang siap bekerja sama dan menyediakan uang elektroniknya. Pihaknya berharap promo ini akan direspons positif oleh masyarakat sehingga transaksi nontunai di Sulawesi Utara meningkat.

Bagi pengelola SPBU, menurut dia, penggunaan transaksi nontunai akan memudahkan dalam proses penghitungan. Selain itu, karena langsung masuk ke rekening pengelola, pembayaran dengan uang elektronik mampu menurunkan handling cost.

“Bagi konsumennya lebih baik karena tidak bawa uangnya [cash] banyak-banyak,” imbuhnya.

Soekowardojo mengaku juga telah meminta agar perbankan terus menyiapkan infrastruktur top-up uang elektronik semudah mungkin. Beberapa skema pengisian yang dilakukan langsung melalui handphone bisa dikembangkan.

Branch Manager Marketing Pertamina Sulutenggo, Daniel mengatakan promo tersebut direncanakan berlaku untuk seluruh SPBU Pertamina di Manado. “Rencana di semua 17 SPBU di kota Manado. Detailnya nanti saya informasikan lebih lanjut,” ujarnya.

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Manado Felicia Lily membenarkan program nontunai SPBU memang akan diluncurkan besok. Pihaknya tidak menjabarkan lebih lanjut jumlah uang elektronik “flazz BCA” yang akan disediakan.
“Yang jelas ada beberapa program. Ada yang gratis dan yang kita jual dengan harga Rp10.000. Isi kartu kosong,” katanya melalui pesan singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler