Kas Titipan BI di Kabupaten Paling Utara Indonesia Diresmikan

Bank Indonesia meresmikan Kas Titipan di bibir Pasifik, Melonguane Talaud. Kabupaten ini merupakan wilayah paling utara Indonesia yang berbatasan dengan Filipina.
Kurniawan A. Wicaksono | 11 April 2018 23:55 WIB
Pelaksana Tugas Bupati Talaud Petrus Simon Tuange (kanan) didampingi Kepala Divisi SP, PUR, Layanan dan Administrasi/ Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara Buwono Budisantoso melakukan pengguntingan pita, simbol peresmian Kas Titipan BI di Melonguane. - Kurniawan A. Wicaksono

Bisnis.com, MELONGUANE – Bank Indonesia meresmikan Kas Titipan di bibir Pasifik, Melonguane Talaud. Kabupaten ini merupakan wilayah paling utara Indonesia yang berbatasan dengan Filipina. 

Buwono Budisantoso, Kepala Divisi SP, PUR, Layanan dan Administrasi/ Deputi Direktur Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) mengatakan peresmian Kas Titipan ini menjadi bagian dari distribusi rupiah yang dilakukan oleh bank sentral.

"Kami membuka Kas Titipan karena jarak dari Manado ke Melonguane cukup jauh, di tempuh dengan kapal butuh 12 jam," ujarnya saat peresmian di Kantor Cabang Melonguane Bank Sulutgo, Selasa (10/4/2018).

Pihaknya menegaskan keberadaan uang kartal sangat krusial dalam upaya pembangunan daerah. Terlebih, pada tahun lalu, produk domestik regional bruto (PDRB) Talaud mencapai Rp1,3 triliun atau tumbuh 5,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Setelah beroperasi sejak November 2017 hingga sekarang, sudah ada uang kartal senilai Rp122 miliar yang dititipkan di Melonguane. Dia berharap masyarakat, terutama di daerah terdepan, terpencil, dan terluar (3T), tidak kesulitan mendapatkan rupiah.

Apalagi, dana pihak ketiga perbankan yang berhasil dihimpun di wilayah ini mencapai Rp150 miliar. Nilai kredit perbankan yang dikucurkan pun mencapai Rp520 miliar dengan non performing loan (NPL) hanya 0,74%.

“Makanya BI memandang kabupaten ini penting. Pembangunan tanpa uang ya pasti tidak jalan,” katanya.

Secara nasional, sudah ada 114 Kas Titipan BI yang telah dibangun. Jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat dari posisi akhir 2016 sebanyak 62 Kas Titipan.

Dalam peresmian ini, hadir pula Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Talaud Petrus Simon Tuange dan Direktur Operasional PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Sulutgo) Welan T. Palilingan. Bank Sulutgo ditunjuk menjadi pengelola kas titipan di Bumi Porodisa ini.

 

Pelaksana Tugas Bupati Talaud Petrus Simon Tuange (keenam dari kiri) diapit Direktur Operasional PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo Welan T. Palilingan (kiri) dan Kepala Divisi SP, PUR, Layanan dan Administrasi/ Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara Buwono Budisantoso, beserta jajaran pemerintah daerah serta Bank Sulutgo dalam peresmian Kas Titipan BI di Melonguane. / Kurniawan A. Wicaksono

Tag : finansial
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top