Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Dorong Ritel Serap Produk UMKM Hingga 30%

Pemerintah Provinsi Sulsel mendorong jejaring ritel modern yang beroperasi di daerah itu agar memberikan alokasi khusus bagi UMKM sebagai bentuk fasilitasi promosi maupun pemasaran produk bagi pelaku usaha segmen tersebut.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel mendorong jejaring ritel modern yang beroperasi di daerah itu agar memberikan alokasi khusus bagi UMKM sebagai bentuk fasilitasi promosi maupun pemasaran produk bagi pelaku usaha segmen tersebut.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan setiap ritel modern bakal diarahkan untuk memberikan komposisi hingga 30% dalam memberikan ruang bagi UMKM perihal pemasaran maupun penjualan produknya.

"Kami terus dorong agar ritel bisa lebih aktif menyerap produk UMKM, harus harus sampai 30% porsinya," papar Syahrul di Clarion Makassar, Jumat (9/2/2018).

Menurut dia, jejaring ritel modern saat ini menjadi salah satu destinasi belanja masyarakat sehingga sangat strategis sebagai tempat promosi hingga penjualan produk para pelaku UMKM.

Pada sisi tersebut, lanjut Syahrul, dorongan itu merupakan upaya Pemprov Sulsel agar pelaku UMKM di daerah tersebut bisa lebih mengembangkan kapasitas serta selurh produk yang dihasilkan bisa diserap oleh pasar.

Ketua Asosiasi UMKM Sulsel, Hasidah Lipoeng mengakui bahwa pemerintah provinsi Sulsel memang telah melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan beberapa ritel agar produk UMKM bisa terserap.

Kendati demikian,lanjut dia, besaran persentase serapan produk dari ritel masih cukup jauh dari persentase yang tertuang dalam perjanjian kerjasama.

"Kedepannya kami harap bisa di kisaran 30%, meskipun memang kami memahami ada beberapa alasan sehingga persentasenya belum optimal. Ada pertimbangan bisnis dari ritel, di samping juga kualitas produk UMKM akan terus ditingkatkan agar bisa lebih bisa terserap pasar," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper