Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Perluas Lini Uang Elektronik di Sulawesi

PT Bank Negara Indonesia Tbk. melanjutkan perluasan lini bisnis uang elektronik pada bidang pendidikan di Sulawesi melalui skema jalinan kerjasama dengan pemerintah daerah di wilayah tersebut.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Bank Negara Indonesia Tbk. melanjutkan perluasan lini bisnis uang elektronik pada bidang pendidikan di Sulawesi melalui skema jalinan kerjasama dengan pemerintah daerah di wilayah tersebut.

Paling terbaru, perseroan menggandeng Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk implementasi perbankan digital terkhusus pada pemanfaatan uang elektronik pada bidang pendidikan.

VP Consumer Banking BNI Wilayah Makassar Hadi Santoso mengatakan bidang pendidikan menjadi menjadi salah satu prioritas dalam upaya memperluas pemanfaatan produk uang elektronik perseroan.

"Dukungan dari Pemprov Sulbar juga sangat baik, apalagi bidang pendidikan menjadi titik awal menumbuhkan budaya non tunai sejak dini," katanya kepada Bisnis, Minggu (21/1/2018).

Dia menguraikan, komitmen antara BNI dan Pemprov Sulbar dalam implementasi transaksi non tunai atau cashless society terbangun pada pertemuan pekan lalu, di mana penerapan tahap awal disepakati untuk bidang pendidikan.

Mengacu pada hal tersebut, lanjut Hadi, perseroan segera menerbitkan uang elektronik atau Tapcash Combo yang juga nantinya bisa berfungsi sebagai kartu tanda pengenal serta kartu debit.

Sebagai informasi, BNI memiliki produk uang elektronik atau Tapcash yang memungkinkan pula memiliki fungsi lebih luas disesuaikan dengan orientasi jalinan kerjasama dengan pemerintah daerah ataupun korporasi yang menjadi mitra perseroan.

"Khusus di Sulbar ini, Tapcash ini kami peruntukkan bagi guru yang terdaftar di lingkup Dinas Pendidikan Sulbar, yang selanjutnya akan kami kembangkan untuk siswa," ujar Hadi.

Adapaun orientasi jangka panjang dalam jalinan kerjasama itu diharapkan bisa mengurangi kecenderungan pembuatan secara tunai pada lingkup sekolah atau dengan kata lain membetuk ekosistem non tunai.

Menurut Hadi, pada tahap awal rencana penerbitan Tapcash Combo kerja sama dengan Pemprov Sulbar itu sebanyak 5.000 keping dan memungkinan meningkat signifikan setelah perluasan cakupan termasuk menyasar pelajar di Sulawesi Barat.

Sekedar diketahui, skema kerjasama serupa juga sebelumnya juga sudah dijalankan BNI Wilayah Makassar bersama dengan Pemprov Sulsel yang juga memprioritaskan bidang pendidikan berorientasi pembentukan ekosistem non tunai.

Adapun tingkatan pendidikan yang disasar melalui jalinan dengan pemerintah provinsi diperuntukan bagi level SMA/SMK sesuai dengan kewenangan pemerintah provinsi.

Secara keseluruhan, BNI Wilayah Makassar yang memiliki cakupan operasional meliputi Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku menargetkan bisa memperluas kerjasama serupa dengan pemprov lainnya.

Khusus untuk proyek Tapcash Combo BNI di Wilayah Makassar juga telah menjangkau sejumlah korporasi lokal yang juga ikut mendongkrak kinerja lini bisnis uang elektronik dari perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler