Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Regional X Serap Massif Produk Energi Non-PSO

Bank Mandiri Regional X secara massif mewajibkan seluruh karyawan perseroan untuk menggunakan tabung elpiji non-PSO serta produk refrigerant yang diproduksi PT Pertamina (Persero) sebagai bentuk dukungan pada program subsidi tepat sasaran maupun kampanye hemat energi.

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Mandiri Regional X secara massif mewajibkan seluruh karyawan perseroan untuk menggunakan tabung elpiji non-PSO serta produk refrigerant yang diproduksi PT Pertamina (Persero) sebagai bentuk dukungan pada program subisidi tepat sasaran maupun kampanye hemat energi.

Adapun kebijakan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Bank Mandiri Regional X dan PT Pertamina MOR VII Sulawesi, di mana penggunaan produk Bright Gas 5,5 kg serta refrigerant MusiCOOL jadi sasaran utama.

CEO Bank Mandiri Regional X Herry Rukmana mengemukakan jalinan kerja sama itu merupakan bentuk komitmen perseroan untuk ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung program subsidi tepat sasaran dengan mendorong karyawan secara penuh menggunakan tabung elpiji Bright Gas.

Kemudian untuk penggunaan refrigerant atau pendingin dengan brand MusiCOOL yang diproduksi Pertamina, lebih beorientasi pada kampanye hemat energi serta penggunaan produk yang lebih ramah lingkungan.

"Seluruh karyawan kami dorong untuk menggunakan Bright Gas, terutama yang selama ini masih menggunakan elpiji 3 kg. Sedangkan untuk MusiCOOL, jaringan kantor kami akan diwajibkan gunakan refigerant-nya, termasuk karyawan yang pakai AC di rumahnya masing-masing," ujarnya usai MoU Bank Mandiri dan Pertamina, Kamis (23/11/2017).

Dia menyebutkan, langkah tersebut dinilai mampu memberikan stimulus signifikan terhadap kampanye penggunaan elpiji non PSO maupun refrigerant ramah lingkungan.

Sebagai gambaran, papar Herry, Regional X memiliki sekitar 4.500 karyawan yang klasifikasi pendapatannya sesuai dengan Permen SDM No.26/2009 sehingga wajib menggunakan produk elpiji non subsidi.

Kemudian dari sisi jaringan kantor, Regional X memiliki sekitar 100 cabang serta sebanyak 11.000 titik ATM, di mana secara keseluruhan memungkinkan memakai refrigerant MusiCOOL untuk fasilitas pendingin udara atau AC.

Secara keseluruhan, papar Herry, serangkaian hal tersebut merupakan manifestasi perseroan menjalankan spirit memakmurkan negeri dengan berkontribusi terhadap alokasi subsidi tepat sasaran hingga dukungan pada aspek ramah lingkungan.

Sebagai informasi, Bright Gas merupakan produk elpiji Pertamina yang diperuntukkan bagi masyarakat dengan pendapatan di atas Rp1,5 juta atau tidak termasuk dalam sasaran alokasi elpiji subsidi 3 kg.

Adapun MusiCOOL merupakan produk refrigerant yang bisa digunakan sebagai pengganti freon AC, serta memiliki keunggulan yang lebih ramah terhadap lingkungan serta menghemat pemakaian listrik.

"Khusus untuk penggunaan MusiCOOL ini, tentu ada tercipta efisiensi. Mulai dari biaya listrik sampai pada biaya perawatan unit AC," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, GM Pertamina MOR VII Sulawesi Joko Pitoyo mengatakan kerja sama dengan Bank Mandiri dinilai bisa menopang upaya perseroan untuk mendorong migrasi elpiji subsidi ke Bright Gas.

Dengan kondisi tersebut, dia memastikan pasokan elpiji non PSO bagi karyawan Bank Mandiri di Regional X dan menyesuaikan dengan permintaan.

Di sisi lain, sosialisasi dan edukasi juga terus digencarkan Pertamina bersama dengan pihak terkait seperti pemerintah daerah untuk mendorong penggunaan elpiji non-PSO maupun produk lainnya yang tidak berklasifikasi subsidi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper