Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Gandeng Korporasi Makassar Pacu Tapcash Combo

BNI Wilayah Makassar aktif menggandeng korporasi maupun instansi dalam memperluas penggunaan produk uang elektronik yang terintegrasi dengan sistem layanan perbankan yang dimiliki perseroan.
Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Edy Awaluddin (tengah)
Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Edy Awaluddin (tengah)

Bisnis.com, MAKASSAR - BNI Wilayah Makassar aktif menggandeng korporasi maupun instansi dalam memperluas penggunaan produk uang elektronik yang terintegrasi dengan sistem layanan perbankan yang dimiliki perseroan.

Pemimpin BNI Wilayah Makasssar Edy Awaluddin mengemukakan skema kerjasama itu dimanifestasikan dalam bentuk kartu co-branding multifungsi serta menghimpun data karyawan sebagai ID-Card korporasi maupun instansi rekanan.

Sejauh ini, jalinan skema co-branding melalui produk Tapcash Combo tersebut telah diterbitkan untuk Phinisi Point, pengelola pusat perbelanjaan premium di Makassar, serta segera menyusul sejumlah korporasi maupun instansi lainnya.

Khusus untuk Tapcash Combo Phinisi Point, lanjut Edy, pihaknya menerbitkan sebanyak 3.000 keping untuk tahap pertama, yang juga berfungsi sebagai kartu tanda pengenal (ID Card) bagi karyawan Phinisi Point dan memungkinkan bertambah bagi pelanggan umum.

Adapun kartu Tapcash co-branding Phinisi Point (Pipo) yang diperuntukkan pelanggan dan pengunjung sebatas untuk uang elektronik dan dapat digunakan dalam bertransaksi pada tenant-tenant Pipo, pembayaran tol, parkir hingga transaksi pada gerai ritel lainnya.

"Setelah co-branding Pipo, kartu Tapcash Combo semacam ini juga akan terbitkan untuk beberapa korporasi atau intansi lainnya yang memiliki basis di Makassar," katanya kepada Bisnis di sela-sela Launching Tapcash Combo Pipo, Jumat (3/11/2017).

Dia menyebutkan, jalinan kerjasama berikutnya akan menggandeng PT Pelindo IV, kemudian PDAM Kota Makassar serta beberapa universitas di Kota Makassar yang juga memiliki skema kartu Tapcash Combo.

Menurut Edy, jalinan kerjasama itu juga dimaksudkan untuk lebih memasifkan budaya non tunai serta memfasilitasi korporasi maupun instansi rekanan dalam melakukan digitalisasi sistem perbankan terintegrasi.

Adapaun Tapcash Combo selain berfungsi sebagai alat pembayaran maupun ID Card karyawan, juga bisa digunakan sebagai kartu ATM sekaligus bukti kepemilikan rekening di BNI.

Secara keseluruhan, Edy memperkirakan peredaran Tapcash Combo di Makassar melalui jalinan kerjasama dengan korporasi maupun instansi bisa mencapai sekitar 25.000 keping hingga akhir tahun ini.

"Pencetakan kartu Tapcash Combo untuk rekanan lainnya tengah kami rampungkan bahkan beberapa diantaranya sudah mulai memasuki tahapan distribusi," katanya.

Sementara itu, untuk peredaran khusus Tapcash telah berada pada angka 30.000 keping per Oktober 2017 dan diperkirakan terus bertambah sejalan dengan program elektronifikasi tol serta GNNT secara luas.

Sementara itu, CEO Phinisi Point Jenifer A. Tanta mengatakan jalinan kerjasama dengan BNI merupakan yang pertama dilakukan oleh operator pusat perbelanjaan di Makassar.

"Kami baru beroperasi sekitar enam bulan, tetapi sudah mendapatkan kepercayaan BNI untuk penerbitan kartu co-branding combo ini. Bentuk partisipasi kami untuk membudayakan non tunai," katanya.

Untuk mengoptimalkan co-branding itu, lanjut dia, manajemen akan melibatkan seluruh tenant di Pipo Mall sehingga pemegang kartu Tapcash Pipo bisa memanfaatkan secara luas untuk bertransaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler