Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Pattimura Ambon Normal Pascagempa

PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Pattimura Ambon, Maluku, memastikan layanan dan kegiatan operasional Bandara Internasional Pattimura Ambon berjalan normal pascagempa.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, AMBON—PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Pattimura Ambon, Maluku, memastikan layanan dan kegiatan operasional Bandara Internasional Pattimura Ambon berjalan normal pascagempa.

"Keputusan manajemen untuk tetap mengoperasikan dan memberikan pelayanan seperti biasa diambil berdasarkan hasil damage assesment, dan inspeksi terhadap fasilitas sisi udara (airside) dan sisi darat (landside) Bandara Pattimura Ambon yang dilakukan sejak Senin (31/10) malam hingga Selasa (1/11) pagi," kata General Manager Angkasa Pura I Ambon Amiruddin Florensius di Ambon, Selasa (1/11/2017).

Ia menyatakan, damage assesment merupakan tahapan yang dilakukan setelah terjadi bencana alam, termasuk gempa, untuk menilai kelayakan fasilitas bandara untuk beroperasi.

Tahapan ini merupakan bagian dari prosedur "Airport Disaster Management Plan" (ADMP) yang dikembangkan Angkasa Pura I untuk mengantisipasi dampak bencana terhadap kegiatan pelayanan bandara dan pemulihannya.

Gempa terjadi dengan pusat gempa kurang lebih 38 km sampai 50 km barat daya Pulau Ambon Pada Selasa (31/10) antara pukul 18.31 WIT hingga 19.37 WIT dengan intensitas antara 5,2 SR hingga 6,2 SR sebanyak 6 kali, dan diikuti dengan rangkaian gempa dengan intensitas lebih kecil mulai Rabu dini hari hingga pagi.

Gempa ini juga mengakibatkan kerusakan ringan di beberapa titik, baik di terminal bandara maupun kantor administrasi Bandara Pattimura.

"Sejumlah kerusakan di area bandara yakni genteng terminal, plafon di jalur kedatangan dan keberangkatan sisi udara, kaca menara bandara pecah, dan prasasti di Gate 3 yang pecah, tetapi kerusakan ringan tersebut tidak menimbulkan gangguan yang berarti terhadap kelangsungan operasional Bandara Pattimura, sehingga pelayanan bandara tetap berjalan seperti biasa," ujarnya.

Ia mengakui, pihaknya masih melakukan perbaikan atas kerusakan ringan yang terjadi di Bandara Pattimura Ambon.

"Perbaikan terhadap kerusakan ringan masih dilakukan dan akan berlangsung selama beberapa waktu ke depan. Kami mohon maaf kepada penumpang dan calon penumpang pesawat udara atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kegiatan perbaikan ini," katanya.

Sementara itu General Manager Air Navigasi Indonesia cabang Ambon, Dheny Purwo Hariyanto menyatakan, pihaknya juga melakukan prosedur kontijensi plan yakni melakukan pengaturan Sumber Daya Manusia, fasilitas dan navigasi penerbangan.

"Kami juga menyiapkan fasilitas pendaratan sambil melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura I terkait "runway light", selain itu radar di kawasan gunung nona, alat navigasi di kawasan Talaga Kodok juga normal, sambil menjalankan kotigensi plan sesuai tahapan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler