Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mutu dan Kualitas Jadi Kunci Performa Tonasa

PT Semen Tonasa berupaya menjaga konsistensi mutu dan kualitas produk bakal menjadi orientasi utama perseroan dalam menggencarkan penjualan domestik maupun di pasar global.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Semen Tonasa berupaya menjaga konsistensi mutu dan kualitas produk bakal menjadi orientasi utama perseroan dalam menggencarkan penjualan domestik maupun di pasar global.

Direktur Utama Semen Tonasa Subhan mengatakan peningkatan kualitas produk menjadi salah satu bagian dari strategi perseroan dalam menghadapi pasar semen yang sekalian kompetitif.

"Meraih SNI Award 2016 dengan peringkat Emas, manfaatnya sebagai indikasi kami patuh terhadap regulasi . Sekarang berupaya naik kelas lagi untuk dapat platinum. Ini bukti bahwa Semen Tonasa dari sisi kualitas terjaga sehingga bisa berkompetensi secara global," katanya, Rabu (25/10/2017).

Dia menyebutkan, perseroan saat ini masih menjadi pemimpin pasar di KTI dengan pangsa pasar hingga 39% dan diharapkan tetap stabil seiring dengan konsistensi mutu dan kualitas.

Di luar itu, untuk menunjang pemasaran di wilayah timur, perseroan menambah jaringan infrastruktur logistik melalui pembangunan packing plant atau unit pengantongan semen (UPS) di Maluku Utara dan rencananya ke depan akan di kembangkan ke beberapa wilayah lain di KTI.

Menurut Subhan, investasi pembangunan UPS tersebut mencapai Rp90 miliar dengan kapasitas 300.000 ton per tahun dan beroperasi mulai kuartal IV/2017.

"Semoga bisa beroperasi akhir minggu ketiga Desember tahun ini. Maluku Utara salah satu pasar potensial kami, di sana banyak industri termasuk industri emas yang butuh semen," katanyanya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Badan Standarisiasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya mengatakan Semen Tonasa merupakan salah satu role model industri di Tanah Air dalam hal penerapan standarisasi secara konsisten.

"Kami harap kedepannya, Tonasa bisa dijadikan acuan industri lain untuk lebih aktif menerapkan standarisasi, hampir seluruh aspek operasional, manajeman hingga produk Tonasa telah memiliki SNI," katanya.

Bambang memandang, Tonasa juga telah mengupayakan agar seluruh kegiatan operasional Perseroan selalu diupayakan memenuhi persyaratan mutu ISO 9001.

Baik terhadap pengadaan bahan baku, proses dan produk akhir dan bahkan ejak 1996 telah mendapatkan pengakuan Internasional terhadap Sistem Manajemen Mutu (SMM).

Sekedar diketahui, Tonasa juga menggandeng Sucufindo yang melakukan audit berkala 6 bulan sekali untuk menjaga konsistensi terhadap penerapan SMM.

Kemudian untuk produk yang dihasilkan Tonasa, yakni Semen Portland jenis I sesuai dengan SNI-15-2049-2004, Semen Portland (PCC) sesuai dengan SNI-15-0302-2004. Untuk pengawasan SPPT-SNI ini dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LS-Pro) Departemen Perindustrian RI setiap tahun sekali.

Selain itu, sertifikat mutu telah dikantongi Tonasa seperti Sistem Manajemen Lingkungan - SML (EMS ISO 14001:2004), Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3:1996), ISPS CODE (International Code for the Security of Ships and Port Facilities) serta System Manajemen Terintegrasi (Integrated Management System-IMS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler