Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tertekan Harga, Laju Inflasi Sulsel Hanya Bergerak 3 Basis Poin

Indeks harga konsumen di Sulawesi Selatan masih berada pada level yang relatif tinggi yang memicu tekanan inflasi masih berlanjut pada periode Juli 2017.
antara
antara

Bisnis.com, MAKASSAR- Indeks harga konsumen di Sulawesi Selatan masih berada pada level yang relatif tinggi yang memicu tekanan inflasi masih berlanjut pada periode Juli 2017.

Laju inflasi Sulsel pada periode tersebut berada pada level 0,93% atau hanya bergerak 4 basis poin dari bulan sebelumnya yang mencapai 0,97%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Nursam Salam mengemukakan pergerakan harga komoditas pangan masih menjadi penggerak utama laju inflasi daerah ini serta kelompok pengeluaran transportasi.

"Kondisi ini juga masih terpengaruh oleh arus penumpang pesawat udara yang melalui Bandara Sultan Hasanuddin yang relatif tinggi. Momentum arus balik maupun liburan memberikan dampak," katanya, Selasa (1/8/2017).

Secara terperinci, seluruh komponen pembentuk inflasi tercatat mengalami kenaikan indeks meliputi kelompok bahan makanan sebesar 1,98%, kemudian kelompok transportasi 1,79%, lalu kelompok bahan makanan jadi, rokok, minuman dan tembakau 0,55 % serta dan kelompok kesehatan 0,29%.

Kendati demikian, lanjut Nursam, laju inflasi Sulsle pada Juli 2017 dinilai masih dalam klasifikasi terkendali meski secara nasional berada di urutan ketiga pada periode tersebut.

"Ini sifatnya situasional saja, efek dari bulan sebelumnya masih berlanjut ke Juli 2017," ujarnya.

Secara kumulatif, laju inflasi tahunan Sulsel berada di level 4,38%, sedangkan inflasi tahun kalender 2017 sebesar 3,73%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler