BRI Bantu Pelaku Usaha Pemula di Makassar Naik Kelas

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. bersama dengan OJK Regional 6 Sulampua memberikan edukasi dan pelatihan kepada sejumlah pelaku usaha pemula lokal Makassar.
Amri Nur Rahmat | 25 November 2018 20:41 WIB
Salah satu kegiatan usaha kecil - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. bersama dengan OJK Regional 6 Sulampua memberikan edukasi dan pelatihan kepada sejumlah pelaku usaha pemula lokal Makassar.

Kepala Divisi Bisnis Kecil dan Kemitraan BRI, Sony Harsono mengatakan program tersebut diharapkan bisa lebih membantu pelaku usaha pemula atau mikro yang selama ini telah menjadi mitra binaan perseroan untuk lebih meningkatkan kapasitas bisnis. 

"Namun tidak sebatas itu, tetapi juga informasi terkait layanan perbankan BRI yang bisa didapatkan mitra binaan untuk 'naik kelas'," katanya dalam keterangan, Minggu (25/11/2018).

Menurut dia, pelaku usaha mitra binaan BRI bisa memiliki daya tumbuh berkelanjutan, yang mana mulai dengan memanfaatkan dana kemitraan, bisa ke KUR, kemudian jika telah mengalami transformasi bisnis beralih lagi ke kredit komersial dan selanjutnya.

Jika tahapan tersebut dilewati, lanjut Sony, menunjukkan penguatan dan pengembangan bisnis mitra binaan berjalan secara maksimal atau dengan kata lain telah berhasil naik kelas dengan memanfaatkan pinjaman perbankan sesuai klasifikasi.

Adapun kegiatan pelatihan itu sendiri dilakukan perseroan pada pekan lalu dengan durasi dua hari, setelah sebelumnya selenggarakan pula di Provinsi Bali.

"Di Makassar ini yang kedua. Namun jumlahnya [peserta dari UKMM] lebih banyak, waktu pelaksanaanya dua hari," kata Sony.

Secara nasional, BRI telah menyalurkan Rp265 miliar dana kemitraan kepada sekitar 4.000 debitur di seluruh Indonesia.

"Pinjaman kemitraan ini mempunyai syarat yg mudah disesuaikan dengan karakter pengusaha pemula atah start up," ujarnya.

Tag : makassar, bank bri
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top