Sulsel Siap Anggarkan Rp3 Miliar untuk Ambulans Laut

Oleh: Andini Ristyaningrum 09 November 2018 | 15:33 WIB
Sulsel Siap Anggarkan Rp3 Miliar untuk Ambulans Laut
Sejumlah kapal dari tim gabungan TNI dan SAR melakukan pencarian pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018)./Antara-Arif Ariadi

Bisnis.com, MAKASSAR – Guna meningkatkan layanan kesehatan daerah kepulauan di Sulsel, Pemprov Sulsel siap menggelontorkan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk layanan ambulans laut.

Satu unit ambulan laut akan diberikan untuk melayani masyarakat di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso mengatakan, ambulans laut tersebut rencananya mulai akan beroperasi pada 2019 mendatang.

"Karena untuk 2019 jadi masuk di APBD Perubahan. Kami baru menganggarkan untuk satu unit ambulans dulu," kata Bachtiar, Jumat (9/11/2018).

Ia menggambarkan, bentuk fisik ambulans laut yang akan diberikan untuk Pangkep yaitu berupa kapal berukuran besar, dilengkapi dengan alat kesehatan (alkes). Nilai alkes yang dianggarkan pada APBD yaitu sejumlah Rp1,2 miliar.

Saat ini pengadaan ambulans laut itu dalam tahap lelang. Pemprov Sulsel membuka lellang terbuka bagi investor yang tertarik untuk memenangkan proyek tersebut.

"Target selesai akhir Desember harus rampung. Untuk lelangnya, kita targetkan akhir November ini sudah selesai. Yang menang harus orang profesional dan siap untuk bekerja cepat," jelas Bahtiar.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya