Sulsel Jajaki Kerja Sama dengan Australia di Sektor Peternakan

Oleh: Andini Ristyaningrum 25 Oktober 2018 | 18:36 WIB
Sulsel Jajaki Kerja Sama dengan Australia di Sektor Peternakan
Ilustrasi peternakan sapi/Antara

Bisnis.com, MAKASSAR – Melihat potensi yang besar di sektor peternakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Australia.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menilai Australia sangat maju di bidang teknologi peternakan.

Sesuai dengan target jangka panjang, Sulsel dirancang menjadi daerah penyangga daging nasional, bahkan internasional. Oleh karena itu, menurut Nurdin, Sulsel memerlukan inovasi teknologi di sektor peternakan.

"Duta besar Australia mengaku siap untuk kerja sama ini. Apalagi kerja sama ini bukan yang pertama kalinya," kata Nurdin di Makassar pada Rabu (24/10/2018).

Merujuk pada data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), sebelumnya pemerintah pusat dan Australia telah menanndai komitmen kerja sama kemitraan dalam program pengembangan keterampilan dalam mendukung dan meningkatkan sektor peternakan di Indonesia.

Kerja sama itu termasuk program ternak dan kursus pembiakan serta pengelolaan sapi secara profesional. Dalam program tersebut, keterlibatan pemuda terus didorong untuk mengembangkan solusi kreatif dan mengatasi masalah di sektor peternakan.

Hingga saat ini kemitraan telah melatih di berbagai program pelatihan yang diadakan bagi mahasiswa, produsen, dan regulator.

"Inilah yang kita ingin kembangkan. Apalagi, Sulsel memiliki lahan yang luas untuk mendukung industri peternakan. Melalui kerja sama ini diharapkan mampu membuat sektor peternakan Sulsel semakin baik ke depannya," kata Nurdin.

Dia juga menerangkan progam kerja sama dengan Australia ini bukan yang pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya, saat menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Bantaeng dia melakukan kerja sama dengan Australia di sektor infrastruktur jalan.

Karena adanya komitmen yang baik dari Pemerintah Australia dalam program kerja sama itu, Nurdin berniat menjajaki kerja sama di sektor lainnya dalam hal ini peternakan.

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox menyambut baik rencana kerja sama itu. Terlebih kedua pihak sebelumnya telah melakukan sejumlah program kerja sama. Bahkan, pemerintah Australia juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa daerah lainnya di Sulsel.

"Kerja sama ini akan terus kita bangun secara berkelanjutan. Kerja sama di sektor peternakan memang hal yang baru di Sulsel. Tapi kerja sama lain sudah banyak kami lakukan," ungkap Cox saat menghadiri Festival Forum KTI di Makassar.

Kerja sama di sektor pendidikan dan layanan kesehatan sudah dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Pangkep. Olehnya itu, Cox meminta kepada Guberbur Sulsel untuk selalu berkomunikasi terutama dalam hal menginformasikan tentang program-program strategis.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya