Bandara Sam Ratulangi Kini Terapkan E-Boarding Pass

Oleh: Deandra Syarizka 07 Oktober 2018 | 22:17 WIB
Bandara Sam Ratulangi Kini Terapkan E-Boarding Pass
Bandara Sam Ratulangi

Bisnis.com, MANADO – Menyusul maskapai Garuda Indonesia yang telah mengimplementasikan e-boarding pass di Bandara Sam Ratulangi Manado, kini para calon penumpang dari maskapai Citilink, Lion Group (Lion Air, Wings Air, dan Batik Air), serta Silk Air kini  dapat menikmati fasilitas ini.

Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado menjelaskan, sama dengan proses e-boarding pass dari Garuda Indonesia, para calon penumpang dapat menggunakan e-boarding pass yang didapat setelah melakukan proses web check in di masing-masing website maskapai.

Para Calon Penumpang yang tidak membawa bagasi hanya perlu menunjukkan kartu identitas serta e-boarding pass dari ponsel (tanpa perlu dicetak) kepada petugas untuk selanjutnya dapat langsung menuju ruang tunggu.

Setelah penggunaan e-boarding pass dari Garuda Indonesia di Bandara Sam Ratulangi pada Jumat (21/9) lalu tidak mengalami hambatan, kini dari maskapai lainnya telah mulai mengimplementasikan sistem e-boarding pass ini.

"Semoga adanya sistem ini mampu mengurangi antrian di check-in counter, mengurangi penggunaan kertas, dan juga mempermudah calon penumpang yang tidak mempunyai bagasi untuk dapat langsung menuju boarding gate,” ujarnya, melalui keterangan resmi, Minggu (7/10).

Lebih lanjut dia menjelaskan, layanan web check in umumnya dapat dilakukan mulai dari 48 hingga 1,5 jam atau 24-2 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Dengan begitu para calon penumpang yang ingin dapat menikmati layanan ini harus membaca ketentuan dan jadwal web check-in dari masing-masing maskapai yang tentunya berbeda-beda.

Selain web check-in, beberapa maskapai telah memiliki fasilitas pendukung lainnya untuk check in, seperti mobile check in yang dapat didownload melalui app store dan play store.

Calon penumpang yang telah melakukan check-in melalui Web atau Mobile Check-in akan mendapatkan tanda bukti lapor diri berbentuk e-boarding pass dalam beberapa bentuk file, yaitu file pdf yang dikirimkan melalui email serta e-boarding pass yang dikirimkan melalui SMS/ Wallet Smartphone penumpang.

File e-boarding pass yang telah dimiliki dapat digunakan sebagai dokumen penerbangan tanpa harus mencetak kembali dalam bentuk hardcopy (kertas).

“Meskipun layanan e-boarding pass sudah mulai diterapkan di beberapa bandara lainnya, namun bentuk sinergi dengan beberapa maskapai untuk menghadirkan layanan e-Boarding Pass ini merupakan bagian dari upaya kami meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa dan memudahkan calon penumpang untuk melakukan check in dimana saja, namun tentunya harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh masing-masing maskapai, ” ujar Minggus.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya