Gempa Palu—Donggala: Pemprov Gorontalo Kirimkan Bantuan Makanan

Oleh: Deandra Syarizka 03 Oktober 2018 | 07:09 WIB
Gempa Palu—Donggala: Pemprov Gorontalo Kirimkan Bantuan Makanan
Warga melintas di dekat truk yang terjebak dalam tanah yang ambles pascagempa yang melanda wilayah Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018)./Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, MANADO-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Donggala, dan Sigi. Pemberangkatan bantuan dilepas oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, di halaman Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Selasa (2/10).

Bantuan yang diberangkatkan pada kesempatan itu sebanyak lima truk dan dua mobil pick up, yang bermuatan beberapa jenis bantuan, antara lain beras, air mineral, gula pasir, minyak goreng, pakaian layak pakai, makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita, terpal, tikar, selimut, dan obat-obatan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge, dalam laporannya mengatakan, selain dari Pemprov Gorontalo, bantuan tersebut juga merupakan sumbangan yang berasal dari aparatur pada organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Gorontalo, perusahaan swasta dan BUMN, organisasi sosial dan kemasyarakatan, serta bantuan dari perorangan.

“Total bantuan yang masuk ke Dinas Sosial hingga siang ini sebanyak 25 ton,” ujarnya, seperti dikutip, Selasa (2/10).

Selain beras, dia memerinci bantuan yang terkumpul juga bahan makanan berupa lauk pauk dan ikan kaleng sebanyak 1.000 karton, air mineral yang terkumpul sudah lebih dari 5.000 karton, serta jenis bantuan lainnya seperti kebutuhan balita dan obat-obatan.

“Besok kita akan mengirim kembali 4 truk bantuan” tambahnya.

Sementara itu, Wagub Idris Rahim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan sumbangan dan berharap uluran tangan dari seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo akan terus mengalir dengan dikoordinir oleh Dinas Sosial Provinsi Gorontalo.

“Sumbangan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Palu, Donggala, dan Sigi. Bantuan yang kita kirim tidak akan berhenti sampai hari ini, tetapi akan terus berlanjut karena saudara-saudara kita di sana sangat membutuhkan uluran tangan kita semua,” ujar Idris.

Berdasarkan data dari posko penerimaan bantuan di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, hingga Selasa siang (2/10), terdapat 22 jenis barang bantuan yang masuk, yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, mi instan, ikan kaleng, makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita, susu, air mineral, selimut, biskuit, teh kotak, popok, pakaian layak pakai, terpal, tikar, makanan dan minuman, perlengkapan mandi, obat-obatan, paket sembako, tisu basah, dan pembalut.

Bagi masyarakat Provinsi Gorontalo yang ingin memberikan sumbangan dapat menghubungi posko bantuan di Kantor Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Jalan Brigjen Piola Isa, Kelurahan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya