Sambut Hari Statistik Nasional, BPS Sulut Gelar BPS Goes To Campus

Oleh: Deandra Syarizka 25 September 2018 | 17:57 WIB
Sambut Hari Statistik Nasional, BPS Sulut Gelar BPS Goes To Campus
Logo Badan Pusat Statistik (BPS)/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, MANADO— Dalam rangka menyambut Hari Statistik yang diperingati setiap 26 September, Badan Pusat Statistik (BPS) Manado menggelar acara bertajuk BPS Goes To Campus guna mensosialisasikan data-data yang dirilis BPS kepada mahasiswa agar lebih banyak

Kepala BPS Sulut Ateng Hartono menjelaskan, acara ini bertujuan mendekatkan data BPS kepada para mahasiswa agar dapat dipergunakan dalam penelitian. Dia berharap, data-data yang rutin dirilis oleh lembaganya dapat digunakan, dievaluasi dan dikritisi agar dapat menjadi bahan pembelajaran bersama terkait ekonomi, khususnya ekonomi daerah.

“Kita membantu menciptakan SDM di Sulut dengan membuat adik-adik mahasiswa kita bisa cepat menganalisis dengan tajam data-data yang kita punya,” ujarnya di sela-sela BPS Goes To Campus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Selasa (25/9).

Dia menjelaskan, sejauh ini mahasiswa sudah cukup familiar menggunakan data BPS. Sejauh ini, dia menyebut sebanyak 60% pengunjung yang mengakses Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS merupakan mahasiswa, sedangkan sisanya merupakan profesional.

“Kita harapkan agar [data BPS] lebih familiar lagi. Kita akan memanfaatkan teknologi,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain dengan datang langsung ke BPS, data-data yang dirilis BPS Sulut juga dapat diakses melalui aplikasi bernama Sipedas Mantap yang berisi indikator ekonomi makro. Dengan demikian, masyarakat dapat mengakses langsung data ekonomi terkini dalam genggaman. Pihaknya pun berencana untuk terus mengembangkan aplikasi tersebut.

“Yang kedua nanti akan diciptakan pusat konsultansi secara cepat, sehingga ketika ada permasalahan terkait data bisa langsung connect dan menjawab. Selain data, juga menjaring komunikasi di bidang konsultansi,” jelasnya.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya