452 Jemaah Haji Asal Sulut Tiba di Manado

Oleh: Deandra Syarizka 24 September 2018 | 12:55 WIB
452 Jemaah Haji Asal Sulut Tiba di Manado
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah./Reuters-Suhaib Salem

Bisnis.com, MANADO --  Setelah menunaikan ibadah haji selama 42 hari, para jemaah Haji Kloter 12 dari Sulawesi Utara (Sulut) telah tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (24/9/2018) pukul 06.00 WITA.

Sebanyak 452 jemaah haji dari Kelompok Terbang (Kloter) 12 berangkat dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan dengan menggunakan pesawat Boeing 737 Charter Flight Lion Air nomor penerbangan JT 3940 dan JT 3771.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E.T Gandeguai menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan persiapan untuk menyambut kepulangan para jemaah haji, antara lain melakukan rapat dengan pihak maskapai, panitia haji, serta instansi terkait.

“Hari ini, para Jamaah Haji Kloter 12 diberangkatkan dari embarkasi Balikpapan untuk kembali ke Sulut dengan 2 penerbangan charter dan telah mendarat dengan selamat pada pukul 05.50 WITA dan pesawat kedua pukul 06.40 WITA,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (24/9).

Para jemaah haji tersebut berasal dari daerah Manado, Bitung, Sitaro, Tomohon, dan sekitarnya. Kepulangan mereka disambut Kepala Departmen Agama, Pemandu Haji Daerah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), serta perwakilan dari Pemerintah Kota Manado dan Provinsi Sulut.

“Syukur alhamdulillah, jemaah kami dari Manado dan sekitarnya hari ini kembali dengan selamat dan seluruhnya sehat,” tutur Irwan Musa, Kepala Kantor Departemen Agama Kota Manado.

Saleh, Ketua Jamaah Haji Kloter 12, menyampaikan ibadah haji berjalan lancar baik selama di perjalanan maupun di Tanah Suci. Seluruh jemaah juga kembali dengan selamat. 

 

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya