Realisasi DAK Sulut Rp1,02 Triliun, Dana Desa Rp639,52 Triliun

Oleh: Newswire 05 September 2018 | 10:31 WIB

Bisnis.com, MANADO – Realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di Sulawesi Utara (Sulut) hingga 31 Agustus 2018 mencapai Rp1,02 triliun atau lebih dari 53,8% dari total pagu sebesar Rp1,88 triliun.

Sementara, realisasi dana desa mencapai Rp639,52 miliar atau 60 persen dari total pagu sebesar Rp1,05 triliun lebih.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulut Sulaimansyah pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa TA 2018 di Manado, Rabu, mengatakan realisasi DAK fisik tahap I sebesar Rp471,64 miliar dan gagal realisasi sebesar Rp3,5 miliar.

Sedangkan, potensi gagal salur hingga akhir tahun 2018 sebesar Rp100,57 miliar. Dari hasil evaluasi, permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan yang didanai DAK fisik yaitu proses lelang/tender, kesulitan mendapatkan penyedia barang dalam proses pengadaan menggunakan e-catalog.

Hal lainnya, kebijakan khusus dari kementerian dan lembaga pemilik kegiatan yang berpotensi tidak salurnya bidang tertentu serta lemahnya perencanaan dan penganggaran dalam DAK fisik.

Kelemahan dalam pelaksanaan penyaluran dana desa antara lain kurangnya pemahaman aparatur desa atas peraturan yang berlaku terkait tata cara pengadaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban dana desa.

Selain itu, minimnya sumber daya manusia pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah yang bertugas menangani penyaluran dana desa. Pada rapat koordinasi tersebut juga diserahkan penghargaan penyaluran DAK fisik terbaik di mana peringkat pertama diraih Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, peringkat kedua Kota Tomohon, peringkat ketiga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Penghargaan penyaluran dana desa terbaik peringkat pertama diraih Bolaang Mongondow Selatan, peringkat kedua Bolaang Mongondow Utara, serta peringkat ketiga Bolaang Mongondow Timur.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya