Kuliner UMKM Manado Terapkan Pembayaran Non-Tunai

Oleh: Deandra Syarizka 24 Agustus 2018 | 14:17 WIB
Kuliner UMKM Manado Terapkan Pembayaran Non-Tunai
Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) Manado Felicia Lily Jaury (tengah) memberikan apresiasi kepada para mitra bisnis yang menggunakan mesin EDC BCA

Bisnis.com, MANADO — Kesadaran masyarakat terutama pelaku usaha Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner di Manado untuk menggunakan transaksi elektronik mulai meningkat, seiring dengan gencarnya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh perbankan.

Felicia Lily Jaury, Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) PT Bank Central Asia Tbk. (BCA)  Manado,  menjelaskan pihaknya terus melakukan upaya promosi untuk meningkatkan penetrasi transaksi elektronik guna mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT) yang ditetapkan Bank Indonesia. Salah satunya dengan menggelar program “Kejutan EDC BCA Bagi-Bagi Emas” yang ditujukan bagi pelaku UMKM kuliner di Kawasan Megamas Manado selama periode Mei hingga Juli 2018.

“Mulai Mei sampai Juli ternyata cukup banyak transaksi yang menggunakan cashless. Ini bukti dari lebih banyak edukasi yang kita berikan kepada masyarakat akan membuka wawasan masyarakat untuk mengurangi transaksi non tunai,” ujarnya Jumat (24/8/2018).

Dia menjelaskan, melalui program tersebut pihaknya memberikan penghargaan berupa logam mulia emas seberat 5 gram untuk 10 mitra bisnis  BCA di Kawasan Megamas yang telah berpartisipasi  menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) BCA dan memiliki transaksi terbanyak sepanjang periode.

Dia menilai, rata-rata transaksi elektronik untuk setiap restoran yang berpartisipasi pun cukup besar. Bahkan, transaksi elektronik di salah satu restoran yang relatif baru dapat mencapai Rp500 juta per bulan.  Dengan besarnya antusiasme para merchant, pihaknya pun mempertimbangkan untuk mengadakan program serupa dengan skala yang lebih besar pada tahun depan.

“Acara seperti ini bisa dilanjutkan, dan mungkin bisa ditiru oleh bank lain. Bukan hanya BCA, tetapi juga seluruh perbankan karena ini program BI dan nasional. Kalau dilakukan secara berkesinambungan, lama-lama masyarakat akan teredukasi,” jelasnya.

BCA, sambungnya mendukung program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) melalui mesin EDC BCA. Mesin EDC BCA sudah bisa menerima transaksi debit dari seluruh kartu ATM bank yang berlogo GPN dan lebih dari 40 bank yang tergabung dalam member Prima, serta kartu kredit dan prabayar (Flazz dan Sakuku)

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya