PKL CENTER, Menu Khas Ala Makassar Bakal Disuguhkan

Oleh: Andini Ristyaningrum 05 Juli 2018 | 16:39 WIB
PKL CENTER, Menu Khas Ala Makassar Bakal Disuguhkan
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Bisnis.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar saat ini tengah mematangkan pengoperasian PKL Center. Pusat kuliner yang dibangun di kawasan Lapangan Karebosi ini rencananya akan diisi dengan beragam kuliner khas Makassar.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, PKL Center ini nantinya akan menjadi ikon kuliner di Kota Makassar. Saat ini, sedikitnya ada 36 kuliner khas Makassar yang sudah ditetapkan untuk mengisi setiap kios di PKl Center.

"Saat ini sudah ada 36 menu khas kuliner yang kami catatkan. PKL Center ini nantinya akan kami beri nama Kanre Rong," kata Danny sapaan akrabnya, Kamis (5/7/2018).

Jajaran menu seperti Coto, Pallubasa, Kapurung, Ikan bakar, dan beragam menu khas lainnya akan menjadi menu utama di setiap kios yang ada di PKL Center.

Selain itu juga menu makanan ringan atau camilan seperti otak-otak, pisang epe, pisang ijo, cendol dan beragam jenis makanan dan minuman khas Makassar.

Alasan penamaan Kanre Rong sendiri kata Danny, karena nama tersebut sangat khas. Dimana Kanre Rong dalam Bahasa Indonesia berarti Ayo Makan.

"Kekuatannya di Kanre. Strong pointnya ada pada makanan. Kalo 36 makanan pasti masyarakat akan melakukan adventure kuliner. Ini akan menjadi destinasi wisata kuliner di Makassar," terang Danny.

Karena akan memiliki potensi wisata, PKL Center dinilai bisa menggenjot PAD Kota Makassar hingga miliaran rupiah. PKL Center yang tepat berada di selatan Lapangan Karebosi itu kata Danny, bisa menghasilkan mencapai Rp17 miliar per tahun.

"Jadi misalnya saja satu kios PKL berpenghasilan Rp2 juta per hari dikali ada ratusan kios yang akan memadati PKL center itu. Kurang lebih Rp17 miliar lah yang bisa dihasilkan," bebernya.

Danny berharap kerja sama pihak terkait untuk segera menuntaskan perampungan kios PKL Center itu. Termasuk penentuan konsep yang akan dihadirkan untuk menambah kesan yang khas.

Rencananya, PKL Center atau Kanre Rong ini akan diresmikan tepat pada peringatan kari kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya