Hasil Pantauan Pilkada Sulsel Oleh Pj Gubernur

Oleh: Newswire 27 Juni 2018 | 10:02 WIB
Hasil Pantauan Pilkada Sulsel Oleh Pj Gubernur
Direktur INDex Indonesia Agung Prihatna merilis hasil survei Pemilihan Gubernur Sulsel pekan terakhir menjelang pencoblosan 27 Juni 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (22/6)./Antara-Darwin Fatir

Bisnis.com, MAKASSAR–Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memantau pelaksanaan Pilkada Serentak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Makassar, Kabupaten Sidrap dan Jeneponto.

"Kesimpulannya, hingga pagi ini sekitar 98 persen sudah siap, TPS sudah terbangun dan logistik sudah siap di masing-masing TPS," kata Soni di sela peninjauan TPS di Kota Makassar, Rabu (27/6/2018).

Selain TPS dan logistik, kata dia, pengamanan juga sudah siap di antaranya dua personil unsur Linmas pada masing-masing TPS, dan khusus daerah rawan dijaga oleh satu personil polisi di setiap TPS.

Pihaknya, kata dia, juga telah mengantisipasi di daerah rawan bencana seperti Kabupaten Wajo dan Luwu, yang rawan banjir akibat curah hujan yang tinggi, kini dipersiapkan TPS terapung.

"Jadi pemerintah daerah di Sulsel sangat sudah siap untuk melaksanakan penyelenggaraaan pilkada serentak hari ini," ujarnya.

Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono pada peninjauan pertama dilaksanakan pukul 07.50 Wita, dengan mendatangi TPS 15 Kelurahan Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini. Di TPS dengan jumlah 374 daftar pemilih tetap (DPT) itu juga hadir Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto.

Selanjutnya pada pukul 08.15 Wita meninjau TPS yang berada di Lapas Kelas 1 Kota Makassar, yang terdapat dua TPS dengan jumlah total 924 DPT, yakni TPS 27 dan TPS 28 masing-masing DPT 462 orang.

Selanjutnya, pada pukul 09.05 Wita Soni bersama pejabat Forkopimda Sulsel tiba di Bandara Galaktika Lanud Hasanuddin, Kabupaten Maros, kemudian dengan menggunakan helikopter jenis Super Puma H-3211 terbang ke Kabupaten Sidrap, dengan fokus peninjauan di TPS 01 Kecamatan Maritanggae pada pukul 10.00 Wita.

Dari Sidrap, Penjabat Gubernur Sulsel bersama rombongan akan melanjutkan penerbangan untuk memantau pelaksanaan pemungutan suara TPS 01 di Kecamatan Binamu, pada pukul jam 11.00 wita.

 

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya