Selain Laut, Wisata Pesantren di Sulut Bisa Dikembangkan

Oleh: Newswire 19 April 2018 | 08:18 WIB
Selain Laut, Wisata Pesantren di Sulut Bisa Dikembangkan
Pantai Pal, Sulut/Bisnis-Lukas Hendra T.M.

Bisnis.com, MANADO - Wakil Ketua Apindo Sulut Syarwani mengatakan Pondok Pesantren bisa menjadi salah satu pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Ada begitu banyak pondok pesantren di Sulut yang memiliki keindahan alam luar biasa, dan diyakini mampu menarik pengunjung, pariwisata pesantren perlu dikembangkan," katanya Syarwani di Manado, Kamis (19/4/2018).

Saat ini Pemerintah Sulut sedang gencar-gencarnya meningkatkan sektor pariwisata, dan semua bidang harus mendukungnya sehingga cepat tercapai," ujar Syarwani.

Dia mengatakan selain banyak objek wisata laut dan alam lainnya yang cukup menjual di Sulut, masih perlu digarap pula wisata pondok pesantren. Karena, katanya, dengan begitu dapat meningkatkan perekonomian pesantren itu sendiri.

"Jika pengunjung domestik maupun mancanegara sakin banyak mengunjungi pesantren, maka usaha ekonomi didalamnya pasti hidup," jelasnya.

Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Sulawesi Utara Ridhwan mengatakan pihaknya akan meningkatkan kapabilitas dan keterampilan pondok pesantren di Sulut.

"Keterampilan pondok pesantren dan inovasi yang tinggi, akan mampu membawa pada kemandirian ekonomi, sehingga mampu mendorong target pertumbuhan ekonomi Sulut di atas angka tujuh persen.

Sumber : Antara

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya