PLN Gaungkan Transisi Energi di Palopo Green Energy Expo 2024

Dengan tajuk "Green Energy", acara tersebut menghadirkan pameran kelistrikan, tenant UMKM, hingga Superstar Dangdut
Foto: PLN Gaungkan Transisi Energi di Palopo Green Energy Expo 2024
Foto: PLN Gaungkan Transisi Energi di Palopo Green Energy Expo 2024

Bisnis.com, PALOPO - Masih dalam suasana Hari Pelanggan Nasional (HPN), PT PLN (Persero) menggelar Palopo Green Energy Expo 2024 yang diadakan di Titik Nol, Kota Palopo pada 19-21 September 2024.

Dengan tajuk "Green Energy", acara tersebut menghadirkan pameran kelistrikan, tenant UMKM, hingga Superstar Dangdut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ade Chandra, mengaku bangga dan bersyukur atas setiap langkah dan upaya yang dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam rangka pembangunan di Kota Palopo, khususnya oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat mendongkrak roda perekonomian di Kota Palopo, terutama bagi pelaku UMKM,” jelasnya.

Expo yang diadakan selama tiga hari ini diikuti sejumlah tenant, di antaranya pameran kelistrikan, otomotif, serta 50 tenant UMKM.

Pada Pameran Kelistrikan, terdapat beberapa tenant, termasuk tenant mobil listrik dan tenant peralatan listrik rumah tangga.

Antusiasme masyarakat tidak hanya datang dari Kota Palopo, tetapi juga dari Luwu, Bone, dan Bulukumba, yang memadati lokasi acara expo.

Bang Kumis, salah satu tenant UMKM yang menyediakan olahan minuman menggunakan mesin kopi listrik pada kedainya, menyampaikan terima kasih kepada PLN UP3 Palopo karena berkat Expo ini penjualan minumannya meningkat.

“Saya berjualan kopi selama tiga hari berturut-turut dalam PLN Expo ini. Alhamdulillah, pengunjung di tenant saya sangat banyak, sampai penuh terus. Terima kasih banyak PLN. Semoga acara seperti ini sering-sering diadakan,” tandasnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, mengatakan bahwa Palopo Green Energy Expo 2024 menjadi ajang bagi perseroan untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya mereduksi emisi karbon.

Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya menjaga lingkungan sekaligus memitigasi dampak perubahan iklim.

“Kami lakukan berbagai kampanye dan aksi nyata dalam transisi energi untuk memastikan generasi mendatang lebih baik dari generasi saat ini,” ujar Budiono.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami, menyampaikan bahwa dalam Palopo Green Energy Expo 2024 kali ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dan turut serta menggelorakan semangat transisi energi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Pelanggan Nasional yang dilaksanakan oleh PLN UP3 Palopo.

“Masyarakat mungkin saat ini sudah merasakan dampak dari kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global, antara lain akibat gas rumah kaca, penggunaan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi, deforestasi, serta Fenomena El Nino. PLN juga saat ini telah melaksanakan transisi energi dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Sidrap dan Jeneponto, serta masih banyak lagi,” jelas Rathy.

Ia mencatat, dalam acara tersebut PLN berhasil memasarkan 459 unit Renewable Energy Certificate (REC) atau setara dengan 459 Megawatt Hour (MWH).

“Alhamdulillah, melihat banyaknya masyarakat yang berdatangan ini juga meningkatkan penjualan dari tenant yang telah kami hadirkan pada expo ini, terutama para pelaku UMKM. Kami berharap setiap masyarakat mendukung PLN dan Pemerintah untuk menggunakan peralatan listrik (non-gas) dalam kehidupan sehari-hari guna mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060," tutup Rathy.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper