Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golf di Sulsel Mulai Populer di Kalangan Muda

Pengembangan industri olahraga golf di Sulawesi Selatan (Sulsel) dianggap memiliki potensi yang sangat menjanjikan ke depannya.
Lapangan golf Padivalley Golf Club di Kabupaten Gowa, Sulsel./Citraland Galesong City.
Lapangan golf Padivalley Golf Club di Kabupaten Gowa, Sulsel./Citraland Galesong City.

Bisnis.com, MAKASSAR - Pengembangan industri olahraga golf di Sulawesi Selatan (Sulsel) dianggap memiliki potensi yang sangat menjanjikan ke depannya. Hal ini seiring pembukaan lapangan golf baru yang hampir terjadi tiap tahun di wilayah ini.

Tercatat sudah ada sekitar 10 lapangan golf yang tersebar di Sulsel. Terbaru lapangan yang telah dibuka untuk umum pada awal 2024 ini adalah G-Swing yang terletak di Kota Makassar.

Club Manager Padivalley Golf Club, Norman Hode, yang merupakan salah satu pengelola lapangan golf terbesar di Sulsel mengatakan peminat golf di tempatnya terus tumbuh tiap tahun. Kondisi ini telah berlangsung sejak meredanya kasus Covid-19.

Setelah masa pandemi itu, banyak masyarakat yang mulai menekuni olahraga ini. Imbasnya membuat banyak lapangan baru dibuka.

"Perkembangan golf terlihat saat setelah pandemi, mulai banyak yang ingin tahu tentang golf. Sekarang orang-orang di Sulsel sudah banyak mengenal golf bukan hanya olahraga segmented menengah ke atas, tapi bisa dinikmati oleh kalangan siapa saja," paparnya kepada Bisnis, Jumat (2/8/2024).

Beberapa lapangan golf baru di Sulsel yang sebagian besar adalah driving range dinilai mampu memikat semua kalangan, utamanya kalangan muda atau para golfer pemula. Driving range berhasil meningkatkan keingintahuan mereka serta menjadi solusi agar bisa bermain golf secara terjangkau.

"Driving range itu merupakan salah satu wadah munculnya golfer baru, menarik minat anak-anak muda dan pemula atau orang yang belum mengenal golf, jadi ingin tahu. Apalagi dampaknya juga berimbas pada semakin banyaknya pembukaan lapangan kerja baru. Jadi industri golf memang sangat potensial," paparnya.

Di beberapa lapangan golf seperti Padivalley Golf Club sendiri, ditambahkan Norman, kini tidak hanya menyediakan penyewaan lapangan saja. Namun sudah banyak merambah ke beberapa sub usaha lain seperti penyediaan kegiatan gathering, pernikahan, ulang tahun, hingga fasilitas outbound.

Ditambah lagi beberapa lapangan lain menyediakan fasilitas cafe dengan pemandangan lapangan golf yang cukup menarik perhatian. Hal ini tentu bisa semakin memperkuat potensi industri olahraga golf di Sulsel.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper