Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi di Donggala Terealisasi Rp264 Miliar per Semester I/2024

Jadi tahun ini pemerintah provinsi memberikan target investasi untuk Kabupaten Donggala senilai Rp510 miliar.
Karyawan menata uang tunai./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.
Karyawan menata uang tunai./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis.com, DONGGALA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat realisasi investasi di daerah itu sejak Januari sampai Juni 2024 mencapai Rp264 miliar.

"Jadi tahun ini pemerintah provinsi memberikan target investasi untuk Kabupaten Donggala senilai Rp510 miliar, dan saat ini realisasinya masih sebesar 51,32 persen atau Rp264 miliar," kata Penjabat (Pj) Bupati Donggala Moh Rifani Pakamundi, Senin (22/7/2024).

Ia menuturkan kenaikan realisasi investasi itu pada tahun 2023 mencapai Rp1,2 triliun.

"Target dari pemerintah provinsi tahun 2023 sebanyak Rp297 miliar dengan realisasi investasi sebanyak Rp1,2 triliun, " ucapnya.

Ia mengemukakan pemerintah kabupaten Donggala mampu melebihi target yang diberikan pemerintah provinsi untuk peningkatan realisasi bidang investasi di wilayah itu tahun 2024.

Adapun posisi Kabupaten Donggala berada di urutan keempat se-Sulawesi Tengah.

"Peningkatan ini cukup signifikan dan itu membawa Donggala masuk lima besar dari kabupaten/kota yang nilai realisasi investasi cukup tinggi, "ujarnya.

Ia menjelaskan nantinya hingga akhir tahun 2024 untuk investasi di daerah itu terus mengalami kenaikan.

"Pada dasarnya ini bisa terus meningkat bahkan bisa melebihi target yang sudah ditetapkan Pemerintah Provinsi Sulteng," sebutnya.

Pemerintah daerah, kata dia, senantiasa melakukan pengembangan pada sektor pariwisata di wilayah itu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Donggala.

"Harapannya melalui pengembangan sektor pariwisata dapat memberikan kontribusi untuk perekonomian di Donggala," tuturnya.

Salah satu upaya pemerintah daerah memperbanyak investasi masuk ke Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dengan melakukan kerja sama untuk mengembangkan penanaman modal untuk pelaku UMKM khususnya pada sektor pariwisata.

"Tentunya dukungan pemerintah provinsi dalam pembangunan jalan lingkar untuk menghubungkan tempat-tempat wisata yaitu Tanjung Karang, Boneoge, Kulolu, Pantai Kaluku, Bonebula, dan Pusat Laut," kata dia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper