Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Jasa Maritim Bukukan Laba Bersih Rp647 Miliar pada 2023

Capaian laba tersebut merupakan kontribusi layanan penundaan, listrik, serta fuel surcharge yang dominan di SPJM.
Kepala Tunda Sei Deli III./Pelindo
Kepala Tunda Sei Deli III./Pelindo

Bisnis.com, MAKASSAR — Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) mengumumkan pihaknya berhasil menghimpun laba bersih sebesar Rp647 miliar sepanjang 2023.

Direktur Utama Pelindo Jasa Maritim Arief Prabowo memerinci, beberapa layanan jasa berhasil mencatatkan angka yang cukup baik, mulai dari pemanduan kapal yang menembus 625.012 gerakan sepanjang tahun tersebut. Kemudian ada jasa penundaan kapal yang tercapai sebesar 4,97 miliar Gt-Jam. 

Selanjutnya distribusi BBM juga tercatat sebesar 49.686 KL, melampaui target Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023. Kinerja distribusi gas sebesar 13.188.848 MMBTU, hingga kinerja air bersih menembus 893.883 ton.

"Demikian pula layanan listrik tercatat mencapai 177.961.668 KWH dan kinerja peralatan juga menunjukkan performa yang positif. Availabilitas atau kesiapan peralatan meningkat 0,22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," paparnya melalui keterangan resmi, Kamis (47/2024).

Arief enambahkan capaian tersebut menunjukkan efektivitas dari pengelolaan operasional yang tersentralisasi dan terstandarisasi di setiap pelabuhan, antara lain dukungan teknologi terbaru Phinnisi, yang merupakan platform sistem operasi layanan kapal end-to-end.

Layanan yang menjadi salah satu pilar dalam mewujudkan tujuan National Logistic Ecosystem (NLE) tersebut telah berhasil memberikan dampak signifikan terhadap industri pelayaran dan logistik, efisiensi biaya dan waktu pelayanan yang signifikan.

"Dengan terus menjaga availlabilitas peralatan, pelabuhan dapat berperan penuh untuk menurunkan port stay dan cargo stay. Dua hal ini sangat berkontribusi pada performansi logistik nasional," tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper