Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sulsel Disembelih di Bone

Pemprov Sulsel memastikan Presiden Jokowi menyiapkan satu sapi kurban di Sulsel.
Sapi limosin./JIBI
Sapi limosin./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan satu ekor sapi kurban di Sulsel untuk disembelih pada Iduladha tahun ini. Sapi berjenis limosin dengan berat 1 ton tersebut rencananya akan disembelih di Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.

"Presiden sudah siapkan satu sapi kurban di Sulsel, rencananya akan disembelih di Bone dan dagingnya akan dibagikan ke masyarakat sekitar. Jenisnya limosin dengan berat 1 ton lebih," papar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel Nurlina Saking, ketika dihubungi, Selasa (11/6/2024).

Dia menjelaskan sapi tersebut dibeli dari peternak yang ada di Kecamatan Tanete Riattang Barat, Bone, dengan harga yang ditaksir sekitar Rp80 juta - Rp100 juta. Kondisinya dalam keadaan sehat setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan.

"Sapi telah melalui pemeriksaan dan dinyatakan sehat, negatif tidak ada temuan penyakit. Hasilnya, sapi tersebut dinyatakan layak untuk dikurbankan," jelasnya.

Nurlina menambahkan, pemilihan sapi tersebut berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh tim Staf Kepresidenan dengan pihaknya. Ada beberapa kriteria antara lain melihat dari kondisi fisik yang besar dan juga kesehatannya terjamin.

Sapi dari peternak Bone ini lah yang kemudian dianggap kondisinya paling baik, badannya paling besar dengan kesehatan yang paling layak. Sapi tersebut kini dalam proses finalisasi untuk disiapkan pada hari raya kurban mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper