Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Sam Ratulangi dan Djalaluddin Ditutup Akibat Erupsi Gunung Ruang

Aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado dan Bandara Djalaluddin Gorontalo ditutup sementara imbas aktivitas vulkanik Gunung Ruang.
Bandara Sam Ratulangi./Istimewa
Bandara Sam Ratulangi./Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado dan Bandara Djalaluddin Gorontalo ditutup sementara pada Selasa (30/4/2024) imbas aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut) yang kembali meningkat.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti mengumumkan bandaranya ditutup sementara disertakan Notam: A1144/24 NOTAMR A1144/24. Hal tersebut dilakukan demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Melihat semburan abu vulkanik yang sampai di Bandara Sam Ratulangi, maka sesuai dengan Notam untuk sementara bandara kami tutup," katanya melalui keterangan, Selasa (30/4/2024).

Maya menambahkan, Bandara Sam Ratulangi rencananya akan dibuka kembali pada Rabu (1/5/2024) Pukul 12.00 Wita, jika aktivitas Gunung Ruang mereda.

Bandara Internasional Sam Ratulangi sendiri telah beroperasi kembali sebelumnya setelah enam hari ditutup, karena erupsi Gunung Ruang yang terjadi 16 April 2024 lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kemudian mengumumkan beroperasi kembali pada Senin (22/4/2024).

Setelah sempat mereda sekira 10 hari pasca letusan pertama, Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro kembali meletus pada hari ini pukul 02.00 Wita dini hari.

Sementara abu vulkanik Gunung Ruang yang sampai di Gorontalo terpaksa membuat Bandara Djalaluddin juga ditutup sementara sesuai pengamatan yang dilakukan. Rencananya bandara ini akan dibuka kembali pada Selasa (30/4/2024) pukul 16.00 Wita.

Pihak bandara mengumumkan akan memberikan hasil perkembangannya secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper