Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasok Listrik ke Industri Smelter, PLN Bangun SUTT 150kV di Morowali

PLN UIP Sulawesi Tengah membangun SUTT 150kV di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).
Pembangkit listrik Sulawesi Tengah./Ist
Pembangkit listrik Sulawesi Tengah./Ist

Bisnis.com, MAKASSAR — PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Tengah membangun saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150kV di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) demi mendukung kebutuhan listrik kawasan industri smelter di wilayah tersebut.

General Manager PLN UIP Sulawesi Defiar Anis mengatakan saat ini pembangunan SUTT sudah masuk dalam tahap pra-konstruksi dan pembebasan lahan. Sudah berdiri 87 titik tower transmisi yang lahannya telah dibebaskan oleh pemerintah setempat. Pembangunannya sendiri direncanakan memiliki 109 tower transmisi dan direncanakan rampung pada 2024 mendatang.

"Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini guna mendukung program hilirisasi industri pemerintah. Kita juga perlu dukungan dari seluruh pihak baik masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah daerah, aparat penegak hukum untuk mendukung program hilirisasi industri tersebut," paparnya, Selasa (22/8/2023).

Sementara Bupati Morowali, Taslim mengatakan, selain mendukung hilirisasi, pembangunan ini akan melengkapi pengembangan kawasan industri di wilayahnya dan diproyeksi akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19. 

Apalagi saat ini Morowali sedang membangun kawasan industri untuk pengelolaan nikel sebagai bentuk tindak lanjut dari program pemerintah terkait hilisarisasi industri khususnya komoditas nikel. 

“Kawasan industri tersebut akan menyerap banyak tenaga kerja dan pastinya membutuhkan listrik yang andal, untuk itu kami selaku pemerintah daerah Kabupaten Morowali senantiasa mendukung PLN dalam proses pembangunan ini,” tutur Taslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler